NasDem Curiga Elite Pemerintah Intervensi KPK soal Anies di Kasus Formula E

ADVERTISEMENT

NasDem Curiga Elite Pemerintah Intervensi KPK soal Anies di Kasus Formula E

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 17:08 WIB
Jakarta -

Politikus NasDem Zulfan Lindan berbicara soal dugaan adanya intervensi terhadap KPK di kasus Formula E menyangkut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Zulfan menengarai intervensi itu dilakukan oleh elite-elite di pemerintahan.

"Ada kesan yang kita lihat bahwa di dalam kasus Formula E ini yang menyangkut persoalan Anies Baswedan itu ditengarai ada elite-elite pemerintahan yang ikut melakukan intervensi kepada KPK," kata Zulfan kepada wartawan, Jumat (7/10/2022).

Zulfan tak menjelaskan lebih lanjut soal intervensi itu. Dia lalu menyinggung kasus dugaan gratifikasi terhadap Gubernur Papua sekaligus kader Demokrat, Lukas Enembe, yang disebutnya ada intervensi dari elite pemerintahan.

"Seperti yang sudah terjadi, dan sudah diberitakan di dalam media sosial, yaitu tentang kasus Enembe, ada elite pemerintahan yang terlibat di situ," ujarnya.

Meski demikian, Zulfan meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak melakukan intervensi yang dia maksud itu. Dia justru menyayangkan adanya kesan Jokowi turut dalam intervensi proses hukum.

"Saya yakin Pak Jokowi tidak akan mau terlibat di dalam hal-hal seperti ini. Sudah pasti Pak Jokowi tidak mungkin melakukan intervensi terhadap hal-hal seperti ini," kata dia.

"Kasihan Pak Jokowi kalau selama ini seolah-olah dituduh, Pak Jokowi, ada kesan ya, ada kesan yang menuduh bahwa seolah-olah Pak Jokowi ikut melakukan intervensi. Saya yakin sekali 100% Pak Jokowi tidak akan melakukan ini," kata dia.

detikcom sudah mencoba meminta tanggapan pihak pemerintah namun belum mendapat respons.

(fca/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT