Rekam Jejak Niluh Djelantik yang Mundur dari NasDem Usai Anies Capres

ADVERTISEMENT

Rekam Jejak Niluh Djelantik yang Mundur dari NasDem Usai Anies Capres

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 14:36 WIB
Poll Ni Luh Djelantik
Niluh Djelantik. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Niluh Djelantik menyatakan mundur dari Partai NasDem usai partai besutan Ketum Surya Paloh mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Begini rekam jejak kiprah Niluh Djelantik.

Dalam unggahan di media sosialnya seperti dilihat pada Selasa (4/10/2022), Niluh menyatakan selamat tinggal kepada NasDem dan akan mengumumkan secara resmi di kemudian waktu. Wasekjen NasDem Hermawi Taslim menanggapi dingin pengunduran diri Niluh Djelantik.

"Saya pikir lebih baik begitu ya, karena Niluh selama ini juga kan tidak berbuat apa-apa untuk partai, tidak ada aktivitas apapun," kata Hermawi Taslim dalam keterangan tertulisnya.

Bacaleg PSI

Pada Februari 2018, PSI mengumumkan tiga perempuan yang mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) lewat partainya. Salah satunya Niluh Djelantik.

"Ini sangat kami tunggu, terutama untuk perempuan masih sangat sedikit perempuan yang duduk di parlemen," ungkap Ketua Umum PSI kala itu, Grace Natalie, di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Pada kesempatan itu, Niluh mengatakan ia mendaftar sebagai bakal calon anggota legislatif untuk membenahi sistem demokrasi. Menurutnya, untuk melakukan perubahan, dia harus masuk melalui sistem, yaitu sebagai calon legislator.

"Kalau mau membenarkan, kita tidak bisa hanya dari luar, kita harus masuk ke dalam sistem, dan saya ingin masuk untuk membenarkan sistem demokrasi saat ini," ujar Niluh.

Dia mengaku memilih PSI karena memiliki prinsip yang sama dengan dirinya, yaitu memiliki integritas, prinsip, dan memiliki kejujuran.

"Ini partai yang didirikan anak muda yang punya integritas, prinsip, harga diri, dan kejujuran. Semua itu sama dengan prinsip hidup saya dan saya tidak melihat partai selain PSI," tutup Niluh.

Adukan Cuitan Pelecehan Seksual

Pada 2019, Niluh Djelantik pernah mengadukan cuitan Lisa Marlina tentang pelecehan seksual di Bali. Cuitan Lisa Marlina disoal karena dinilai menghina budaya Bali.

Saat itu, Niluh Djelantik merupakan caleg NasDem, Lisa Marlina dilaporkan oleh caleg Niluh Djelantik bersama rekan-rekannya ke Ditreskrimsus Polda Bali.

"Jadi kita ingin menunjukkan bahwa warga negara Indonesia itu sebenarnya cinta damai. Akan tetapi pada saat harga diri kita dan martabat kita dinjak-injak iya kita harus bicara. Kamu harus menyampaikan bahwa hak itu tidak benar," kata Niluh Djelantik di Polda Bali, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Selasa (23/7/2019).

Simak juga 'NasDem Percepat Deklarasi Anies sebagai Capres Terkait KPK?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT