PPP Ngaku Terbuka Bagi Semua Bakal Capres, Termasuk Anies

ADVERTISEMENT

PPP Ngaku Terbuka Bagi Semua Bakal Capres, Termasuk Anies

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 14:42 WIB
Arsul Sani (Rahel/detikcom)
Foto: Arsul Sani (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024. PPP pun mengapresiasi langkah NasDem sambil menyatakan tetap terbuka bagi semua bakal capres termasuk Anies.

"Apa yang dilakukan NasDem dengan mendeklarasikan capresnya, yang dalam hal ini Anies Baswedan, PPP apresiasi sebagai bagian dari upaya mewujudkan proses demokrasi yang baik di negara kita," kata Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Arsul mengatakan parpolnya belum memutuskan siapa capres dan cawapres yang bakal diusung. PPP, katanya, masih fokus melakukan konsolidasi para kader menjelang Pemilu 2024.

"PPP sendiri belum akan memutuskan capres dan cawapres sampai dengan Mukernas di awal tahun nanti. Fokus kami ya konsolidasi sampai dengan tingkat ranting atau keluarahan dulu, sambil mendengarkan aspirasi dari struktur dan pemangku kepentingan PPP," ujarnya.

Arsul juga menyatakan pihaknya membuka pintu bagi nama-nama yang kerap diisukan sebagai bakal capres. Di antara nama-nama itu, Anies menjadi salah satu yang dipertimbangkan.

"Ini berarti semuanya terbuka bagi mereka yang disebut-sebut sebagai bacapres atau bacawapres, termasuk Anies, Sandi (Menparekraf Sandiaga Uno), Erick (Menteri BUMN Erick Thohir), Khofifah (Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa), RK (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) dan lain-lain," kata Wakil Ketua MPR itu.

"Nama-nama yang saya sebut di atas semua jadi pertimbangan," imbuhnya.

Arsul juga enggan menduga-duga apakah NasDem mempercepat deklarasi Anies sebagai capres terkait proses penyelidikan KPK atau tidak.

"Saya tidak berpraduga demikian. Tapi kita juga harus ingatkan bahwa penegakan hukum jangan sampai dilatari urusan politik," katanya.

Anies Jadi Capres Usungan NasDem

NasDem sebelumnya mengumumkan Anies sebagai calon presiden yang akan diusung di 2024. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Selatan.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," ujar Paloh.

(fca/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT