Anies Beri Kode Sosok Cawapres Pilihannya

ADVERTISEMENT

Anies Beri Kode Sosok Cawapres Pilihannya

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:56 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu Paloh memeluk erat Anies, Senin, 3/10/2022.
Anies Baswedan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

NasDem memberikan otoritas untuk memilih cawapres kepada Anies Baswedan yang telah dideklarasikan sebagai capres. Anies kemudian memberi kode siapa sosok cawapres pilihannya.

"Intinya adalah semua putra bangsa. Semua yang siap untuk berjalan bersama meninggikan kepentingan Republik di atas kepentingan yang lain, itu yang akan leluasa untuk kita berjalan bersama," kata Anies, Senin (3/10/2022).

Anies enggan menyebut nama. Dia mengaku masih fokus mengurusi Jakarta hingga masa jabatannya berakhir pada 16 Oktober nanti.

"Kami saat ini masih fokus untuk Jakarta. Masih. Karena tugas di Jakarta ini belum selesai. Sampai tugas selesai di Jakarta, baru mulai memikirkan mengenai pascaJakarta-nya. Dan tadi setelah acara selesai kita duduk bersama bahwa sampai 16 (Oktober) saya masih mengurusi Jakarta dan kita komunikasi terus, bersiap, tapi semua itu baru mulai dipikirkan, dibahas sesudah 16 Oktober. Jadi sampai 16 Oktober kalaupun pertanyaan itu diulang, jawabannya akan sama," ujarnya.

Surya Paloh Beri Otoritas Cawapres ke Anies

Partai NasDem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Soal cawapres, Partai NasDem menyerahkan pilihannya kepada Anies sendiri.

"Soal cawapres, kalau NasDem, kita kasih otoritas sama Bapak Anies," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam jumpa pers pengumuman capres oleh Partai NasDem, bertempat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Menurut Paloh, penentuan cawapres harus mempertimbangkan unsur kecocokan dari Anies sendiri selaku capres. Apabila Anies tidak cocok, kerja pemerintahan bakal tidak bagus nantinya.

"Bagaimana kita tiba-tiba mau pilih wakil presiden yang tiba-tiba nggak cocok sama diri dia? Itu belum apa-apa sudah cari penyakit namanya," kata dia.

NasDem ingin agar Anies mewujudkan zaken kabinet yang kuat, solid, dan kompak. Maka, cawapres haruslah pilihan Anies sendiri.

"Jadi ketika kita yakin memilih capres kita, kita harus yakin juga beri kesempatan dia pilih wakil yang paling bagus," kata Paloh.

Simak Video: Anies Jadi Capres NasDem, Paloh Sebut PKS-Demokrat Bakal Menyatu

[Gambas:Video 20detik]




(eva/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT