Anies Capres, NasDem Pertimbangkan Ganjar dan Andika Jadi Cawapres?

ADVERTISEMENT

Anies Capres, NasDem Pertimbangkan Ganjar dan Andika Jadi Cawapres?

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 14:33 WIB
Partai NasDem resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pemilu 2024. Keputisan itu disampaikan Ketum NasDem Surya Paloh.
Foto: Anies Baswedan dan Surya Paloh (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

NasDem resmi mengusung Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pilihannya di 2024. Lantas bagaimana nasib mantan dua bakal calon presiden (bacapres) NasDem yang lain?

Seperti diketahui, awalnya NasDem memutuskan tiga bacapres berdasarkan hasil rapat kerja nasional (rakernas) pada Juni 2022 ini. Tiga bacapres itu yakni Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Namun, hari ini NasDem telah resmi mengumumkan Anies sebagai capres pilihannya. Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyebut tidak ada lagi keterkaitan dengan Ganjar dan Andika. Dia menegaskan capres usungan NasDem tidak akan berubah.

"Nasib dua bacapres sudah selesai sudah otomatis hilang, tidak akan berubah, Anies tetap capres sampai kita daftarkan nanti di KPU," ujarnya. Willy menjawab pertanyaan apakah Ganjar dan Andika dipertimbangkan menjadi cawapres Anies.

Sementara Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali juga mengatakan hal yang sama. Dia menyebut tidak ada hubungan yang khusus dengan dua bacapres lain.

"Kita tidak ada hubungan setelah itu, lagipula kita tidak pernah memanfaatkan bacapres itu. Tentunya tidak baik kalau dimanfaatkan," ujarnya.

Ali mengatakan dia pun tidak pernah menjalin komunikasi dengan Ganjar karena dibatasi status Ganjar sebagai kader PDIP. Dia menghormati hal itu.

"Kita tidak pernah komunikasi dengan Ganjar karena dibatasi oleh status dia sebagai kader partai. Kan kita tahu dia tegas bilang kader PDIP, tentunya pernyataan dia sebagai kader PDIP dalam tanda kutip tidak ingin dicalonkan partai lain, itu kita hormati dong," ucapnya.

Sementara, Andika saat ini masih menjadi TNI aktif sehingga tidak bisa masuk ke dalam politik praktis saat ini. Dia menilai Andika masih fokus pada tugasnya

"Andika kan beliau masih TNI aktif, dan itu sudah tidak mungkin hari ini masuk ke politik praktis, karena posisi dia harus benar-benar independen," ujarnya.

Simak juga Video: Anies Beri Kisi-kisi Sosok Cawapres Pilihannya

[Gambas:Video 20detik]




(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT