NasDem Deklarasi Anies Capres, PAN Ingatkan Presidential Threshold 20%

ADVERTISEMENT

NasDem Deklarasi Anies Capres, PAN Ingatkan Presidential Threshold 20%

Nahda Utami - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 13:15 WIB
Viva Yoga Mauladi
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Partai NasDem resmi mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. PAN menyinggung NasDem belum memenuhi persyaratan presidential threshold (PT) atau ambang batas 20 persen.

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi awalnya mengucapkan selamat kepada Anies. Viva menilai keputusan pencalonan Anies sebagai capres yang diusung NasDem akan menambah semarak demokrasi.

"PAN mengucapkan selamat kepada Mas Anies yang secara resmi dicalonkan NasDem sebagai calon presiden 2024. Pengumuman ini akan menambah semarak demokrasi konstitusional dapat berjalan dengan baik," kata Viva kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Viva kemudian menyinggung bahwa setiap capres dan cawapres yang diusulkan partai politik (parpol) haruslah memenuhi perysaratan PT 20 persen. Dia mengatakan tidak ada pasangan calon (paslon) perorangan untuk diusungkan menjadi capres dan cawapres.

"Setiap pasangan calon di pilpres mesti diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi persyaratan presidential threshold 20% kursi DPR RI," jelas Viva.

"Hal ini termaktub di pasal 222 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Jadi, untuk capres atau cawapres tidak ada paslon perorangan, sebagaimana calon gubernur, bupati atau walikota," tambahnya.

Viva menyebut partainya juga telah menetapkan Anies sebagai salah satu kandidat capres 2024. Meski demikian, PAN, sebut Viva, akan memutuskan capres dan cawapres bersama KIB.

"Mas Anies telah ditetapkan resmi oleh PAN sebagai salah satu kandidat di pilpres 2024 dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN," ujar Viva.

"PAN akan memutuskan paslon pilpres bersama-sama dengan Golkar dan PPP karena telah berikrar di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)," tambahnya.

Sebelumnya, NasDem resmi mengumumkan calon presidennya yang akan diusung di 2024. NasDem memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10). Acara dimulai dengan pembacaan doa dan menyanyikan Indonesia Raya serta himne Partai NasDem.

Paloh mengatakan NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Surya Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. NasDem, katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Selatan.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," sambung Paloh.

Simak video 'Pernyataan Surya Paloh Umumkan Anies Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT