Sekuat Apa Elektabilitas Anies Baswedan yang Kini Jadi Capres NasDem?

ADVERTISEMENT

Sekuat Apa Elektabilitas Anies Baswedan yang Kini Jadi Capres NasDem?

Matius Alfons - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:30 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu Paloh memeluk erat Anies, Senin, 3/10/2022.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden Pilpres 2024. Anies menyambut mandat yang diberikan NasDem kepadanya untuk maju di 2024.

NasDem, lewat Ketua Umum Surya Paloh, resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. NasDem mencari yang terbaik dari anak-anak bangsa yang disebut Surya Paloh memang sudah baik.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," sambung Paloh.

Anies menyambut dukungan NasDem untuknya. Dia mengaku siap menjawab tantangan Partai NasDem.

"Dengan memohon ridho Allah, dengan memohon petunjuk dariNya dan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim, kami terima dan bersiap menjawab tantangan itu," kata Anies di NasDem Tower.

Seberapa kuat elektabilitas Anies Baswedan sebagai capres? Berikut ini elektabilitas Anies di sejumlah survei terkini.

Indikator Politik Indonesia

Lembaga Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil survei elektabilitas para calon presiden. Berdasarkan hasil survei, nama Anies Baswedan berada di 3 besar capres dengan elektabilitas tertinggi versi Indikator Politik Indonesia. Survei ini dilakukan pada 13-20 September 2022. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini melibatkan sampel sebanyak 1.220 orang berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki margin of error +-2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Berikut urutan 5 besar tingkat elektabilitas capres menurut survei Indikator:

Ganjar Pranowo 29,0%
Prabowo Subianto 19,6%
Anies Baswedan 17,4%
Ridwan Kamil 8,7%
Agus Harimurti Yudhoyono 4,1%

Simak video 'Surya Paloh Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapresnya Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]



Simak hasil lembaga survei lainnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT