Diusung NasDem Jadi Capres, Anies soal Cawapres: Tunggu Nanti Ya

ADVERTISEMENT

Diusung NasDem Jadi Capres, Anies soal Cawapres: Tunggu Nanti Ya

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:15 WIB
Partai NasDem akan mengumumkan capres pilihannya hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat merapat ke NasDem Tower.
Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Anies Baswedan resmi diusung Partai NasDem menjadi calon presiden (capres) 2024. Partai NasDem membebaskan Anies memilih pendamping sebagai calon wakil presiden (cawapres) nanti. Lantas siapa cawapres yang dipilih Anies?

Anies tidak menjawab lugas siapa dan kriteria seperti apa yang diinginkannya. Dia bilang waktu masih panjang.

"Masih panjang waktu," kata Anies seusai deklarasi di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Anies enggan berspekulasi terkait cawapresnya nanti. Dia akan melihat seiring berjalannya waktu.

"Tunggu nanti ya masih panjang prosesnya," ujarnya.

"Masih panjang prosesnya, kita lihat sambil berjalan, baru 45 menit (deklarasi)," lanjut Anies.

Surya Paloh Beri Otoritas Cawapres ke Anies

Partai NasDem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Soal cawapres, Partai NasDem menyerahkan pilihannya kepada Anies sendiri.

"Soal cawapres, kalau NasDem, kita kasih otoritas sama Bapak Anies," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam jumpa pers pengumuman capres oleh Partai NasDem, bertempat di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2022).

Menurut Paloh, penentuan cawapres harus mempertimbangkan unsur kecocokan dari Anies sendiri selaku capres. Apabila Anies tidak cocok, kerja pemerintahan bakal tidak bagus nantinya.

"Bagaimana kita tiba-tiba mau pilih wakil presiden yang tiba-tiba nggak cocok sama diri dia? Itu belum apa-apa sudah cari penyakit namanya," kata dia.

NasDem ingin agar Anies mewujudkan zaken kabinet yang kuat, solid, dan kompak. Maka cawapres haruslah pilihan Anies sendiri.

"Jadi ketika kita yakin memilih capres kita, kita harus yakin juga beri kesempatan dia pilih wakil yang paling bagus," kata Paloh.

(eva/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT