Pedenya Demokrat Bilang Duet AHY-Anies Tanpa Tanding untuk 2024

ADVERTISEMENT

Pedenya Demokrat Bilang Duet AHY-Anies Tanpa Tanding untuk 2024

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 08:18 WIB
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) percaya diri duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak tertandingi di Pilpres 2024. Nama Anies Baswedan santer bakal diusung oleh Partai Demokrat, Partai NasDem, dan PKS pada 2024.

Wacana duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat AHY memang kuat diwacanakan jelang Pilpres 2024. Elite Partai Demokrat menyebut duet ini tak tertandingi merujuk lembaga survei.

"Kami juga mendapat banyak informasi lembaga-lembaga survei kalau bicara pasangan Anies-AHY itu misalnya hampir tanpa tanding, ini katanya nih, kata lembaga survei besar ya," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (29/9).

Temuan survei tersebut tentu akan menjadi pertimbangan Partai Demokrat untuk mengusung duet Anies-AHY di 2024. Kendati demikian, ini akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan partai politik calon mitra koalisi.

"Tentu ini jadi bahan pertimbangan, tapi lagi-lagi kalau kami nanti akan diskusikan komunikasikan dengan semua, para parpol sahabat calon mitra koalisi," kata dia.

Saat ini Partai Demokrat belum memunculkan nama capres-cawapres melainkan fokus pada kriteria. Herzaky menyebut nama capres-cawapres akan mengerucut usai diskusi koalisi. Sampai saat ini Demokrat belum punya koalisi tetap meski intens berkomunikasi dengan NasDem dan PKS.

"Kalau dari kami jelas, sampai dengan saat ini kami masih terus bicara mengenai kriteria, dari kriteria baru kami munculkan nama, ya memang nama capres ada beberapa usulan yang akan segera mengerucut ini, tetapi tentunya hasil diskusi di koalisi ini akan kami bawa kembali di forum internal majelis tinggi partai, kalau nama," katanya.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik pengurus partai di tingkat DKI Jakarta. Selain AHY, acara itu juga dihadiri Anies Baswedan.Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik pengurus partai di tingkat DKI Jakarta. Selain AHY, acara itu juga dihadiri Anies Baswedan. (Andhika Prasetia/detikcom)

Dia juga menyebut soal Anies Baswedan yang masuk dalam bursa pencalonan capres 2024. Demokrat, kata dia, akan mendengarkan aspirasi kader yang ingin AHY maju juga di pilpres mendatang.

"Kalau bicara Mas Anies masuklah di salah satu yang (disepakati), mungkin ya bisa saja, karena saat ini kan banyak yang lagi beredar nama Mas Anies. Di sisi lain, kader menginginkan bahwa Mas AHY bisa ikut dalam kontestasi pilpres. Namanya aspirasi kader, kami harus dengarkan," kata Herzaky.

Anies Acungkan Jempol

Anies Baswedan sudah merespons wacana duet dengan Ketum Partai Demokrat AHY. Anies mengacungkan jempol saat ditanya soal duet dengan AHY.

Momen itu terjadi dalam wawancara Anies bersama awak media, usai acara Pengarahan Presiden Joko Widodo, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (29/9). Anies ditanya mengenai wacana dirinya diduetkan dengan AHY, Anies merespons singkat pertanyaan itu dengan senyum dan acungan jempol.

Anies juga telah merespons perihal kabar dirinya akan dideklarasikan oleh NasDem pada 10 November mendatang. Anies mengaku masih ingin fokus bekerja sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Gini, saya ini kan masih ngurusin Jakarta sampai 16 Oktober, " kata Anies.

Anies enggan membahas perihal pencapresannya saat ini. "Jadi nanti sesudah 16 Oktober lah baru itu dibahas. Sekarang saya konsentrasi dulu," ungkapnya.

Saat ditanya apakah NasDem sudah mengkomunikasikan perihal deklarasi tersebut kepadanya, Anies lagi-lagi menegaskan baru akan berbicara soal capres usai masa jabatannya berakhir.

"Pokoknya saya ngurusin Jakarta dulu, fokus di sini. Nanti sesudah ini baru saya komentarin," kata Anies.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT