Pelabuhan Politik RK di Tengah Kabar Masuk Golkar Versi Direktur PPI

ADVERTISEMENT

Pelabuhan Politik RK di Tengah Kabar Masuk Golkar Versi Direktur PPI

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 07:34 WIB
Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat menginisiasi sebuah platform tryout online berbasis website yang dinamai CASN Juara.
Ridwan Kamil (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Kabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) akan berlabuh ke Partai Golkar menguat. Namun justru PAN dinilai menjadi satu-satunya partai yang terbuka mengusung Ridwan Kamil maju Pilpres 2024.

Hal itu diungkap oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Awalnya Adi menyebut semua partai cocok dan pasti welcome dengan RK yang punya popularitas dan elektabilitas cukup bagus.

"Partai yang jadi tempat pelabuhan RK pastinya mendapat insentif elektoral," kata Adi kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Adi menyebut jika dihitung rata-rata, Ridwan Kamil cocok dengan partai yang siap mengusung maju Pilpres 2024, terutama partai menengah ke atas. Menurutnya, percuma bagi Ridwan Kamil bergabung ke partai jika sekadar ingin menjadi kader biasa seperti yang lain.

"Problemnya elektabilitas RK tanggung, persisnya sedang. Kecuali RK masuk partai tak ada niatan nyapres, semua partai tentunya cocok. Terutama partai besar seperti Golkar, PDIP, dan Gerindra," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi bicara peluang Ridwan Kamil dicalonkan menjadi presiden jika masuk Partai Golkar, PDIP dan Partai Gerindra. Ridwan Kamil diminta tidak terlalu berharap karena ketiga partai tersebut sudah mempunyai jagoan sendiri.

"Karena Golkar menjagokan Airlangga maju. Gerindra menjagokan Prabowo. Termasuk PDIP yang punya Puan dan Ganjar," ujarnya.

Adi menyarankan jika Ridwan Kamil masuk partai karena niat maju Pilpres 2024, harus masuk partai yang belum memiliki jagoan. Menurutnya, satu-satunya partai yang terbuka mengusung Ridwan Kamil di Pilpres 2024 hanya PAN.

"Jika RK masuk partai niatnya nyapres partai menengah ke bawah jawabannya. Karena partai menengah ke bawah belum punya jagoan pilpres. Itu pun partai menengah ke bawah belum tentu juga mau usung RK maju. Karena partai menengah ke bawah juga sudah memention dan menjagokan sejumlah nama mentereng," katanya.

"Misalnya PPP menominasikan nama Sandi, Erick dan Anies. PKS jelas hanya ke Anies. NasDem juga condong ke Anies selain Ganjar dan Andika. Satu-satunya partai yang terbuka usung RK maju pilpres hanyalah PAN yang memasukkan nama RK dalam radar pencapresan," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan juga 'Zulhas soal Capres Diusung PAN: Ada Ganjar, Anies, RK Hingga Saya':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT