ADVERTISEMENT

Jelang Sidang Tahunan, Gedung Nusantara DPR Dijaga Ketat

Nahda Rizki Utami, Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 08:18 WIB
Situasi di Gedung Nusantara DPR Jelang Sidang Tahunan
Situasi di Gedung Nusantara DPR Jelang Sidang Tahunan (Foto: Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Sidang tahunan DPR/MPR/DPD RI digelar hari ini. Presiden Joko Widodo akan hadir langsung dalam sidang tahunan tersebut.

Pantauan detikcom di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022) pukul 07.45 WIB, sejumlah Paspampres berjaga di sekitar Gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura. Hanya orang dengan tanda pengenal khusus yang diizinkan masuk ke dalam Gedung Kura-Kura.

Pengamanan dalam (Pamdal) DPR juga terlihat berjaga di sekitar Gedung Nusantara. Tampak hiasan bernuansa hari kemerdekaan dan Parliamentary 20 (P20) di sekitaran gedung. Jokowi diketahui akan langsung memasuki Gedung Nusantara ini melalui pintu utama.

Selain itu, sejumlah kendaraan taktis (rantis) dan mobil Gegana Polri juga bersiaga di sekitar Gedung Kura-Kura. Sementara, di lapangan sekitar Gedung Nusantara I terlihat ada 3 helikopter dari pihak Istana.

Sementara itu, anggota TNI dan Polri bersenjata lengkap sudah siaga di pintu masuk Gedung Kura-kura. Ambulance dari RSPAD juga disiagakan di lokasi.

Pengamanan di sejumlah pintu masuk kompleks parlemen diperketat. Tidak sembarang orang boleh memasuki wilayah kompleks parlemen.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Presiden Joko Widodo hadir langsung dalam Sidang Tahunan MPR RI pada Selasa 16 Agustus 2022. Sidang tersebut rencananya digelar secara fisik di Ruang Sidang Paripurna Gedung Nusantara, Komplek MPR/DPR/DPD RI.

Dikatakan Bamsoet, kehadiran Jokowi untuk menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara. Sekaligus pidato dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Presiden Joko Widodo sepakat dengan MPR, DPR, dan DPD agar pelaksanaan Sidang Tahunan MPR sekaligus Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dibuat secara sederhana, efektif, dan efisien. Sehingga tidak memakan waktu terlalu lama. Terpenting pesannya tersampaikan kepada masyarakat," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Senin (15/8).

Lihat juga video saat 'Gelar Rapat Penutupan Masa Sidang DPR, 274 Anggota Dewan Absen':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT