ADVERTISEMENT

Kenapa NasDem Belum Diajak Gabung KIB? Ini Kata PPP

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 07:37 WIB
Sekjen PPP Arsul Sani (Mochammad Zhacky/detikcom)
Waektum PPP Arsul Sani. (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

NasDem salah satu partai yang sampai saat ini belum berkoalisi dengan partai mana pun. Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, PPP mengungkapkan pertimbangannya mengapa belum berkoalisi dengan NasDem.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan NasDem. Namun, Arsul mengungkit NasDem yang telah memunculkan nama bacapres untuk diusung, sedangkan KIB belum menentukan sosok yang bakal diusung di poros.

"Komunikasi ada lah. Komunikasi itu tidak terputus, tetapi kan karena memang ini dalam forum permusyawaratan partainya sudah menentukan sosok-sosok yang akan diusung sementara kami itu belum," kata Arsul saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Terhadap NasDem, KIB masih dalam posisi menunggu dan melihat perkembangan. Arsul mengibaratkan KIB dan NasDem sama-sama membuka pintu dengan pihak lain.

"Maka kalau khusus terhadap NasDem memang harus diakui dari sisi KIB masih wait and see-lah. Ibaratnya kita itu tidak saling menutup pintu, pintunya tetap terbuka, tapi masing-masing tidak melangkah ke arah pintu yang berlainan. Ya kita kan nggak bisa terburu-buru juga," lanjut Arsul.

Meskipun demikian, Arsul tak sepakat apabila parpol yang belum berkoalisi disebut 'ditinggalkan'. Sebab, kata dia, koalisi yang sudah eksis masih belum pada tahap menentukan figur yang bakal diusung di pilpres mendatang.

"Saya kurang sepakat kalau dikatakan ada partai yang akan ditinggalkan dalam koalisi. Paling tidak dari sisi KIB, selama KIB belum menetapkan siapa yang akan diusung jadi capres dan cawapres maka partai-partai lain itu kalau, katakanlah, kemudian mau bergabung dengan KIB itu tidak akan ketinggalan," kata Wakil Ketua MPR itu.

"Karena posisinya akan sama dengan partai yang sudah ada di KIB lebih dulu. Karena nanti akan ikut membahas capres dan cawapres," lanjutnya.

Lihat juga video 'Seputar Visi Misi yang Diusung KIB untuk Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT