ADVERTISEMENT

Kenapa AHY Diundang Launching KIB PATEN? Ini Kata PAN

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 16:48 WIB
Viva Yoga Mauladi
Foto: Viva Yoga Mauladi (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, PPP diketahui mengundang Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di acara launching visi misi di Surabaya. Mengapa hanya AHY yang diundang?

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mulanya mengatakan AHY diundang oleh Golkar. Hal serupa juga disampaikan oleh Koordinator Juru Bicara Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

"Kemarin itu panitia pelaksananya dari PAN. Setelah Golkar. Nanti berikutnya PPP. Iya sudah tahu (bahwa AHY diundang)," kata Viva saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

"Iya kan diundang Golkar, kata Mas Herzaky. He-he-he...," ujarnya.

Meskipun demikian, Viva menyebut Demokrat memiliki kedekatan dengan PAN. Dia mengungkit Ketua Dewan Penasihat PAN Hatta Rajasa yang merupakan besan dengan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"PAN dekat dengan PD. Malah ketua Dewan Penasehat DPP PAN, Bang Hatta Rajasa, adalah besannya Pak SBY. Kalau dengan PD ya kayak saudara sendiri," ujar Viva.

Soal partai lain yang belum punya koalisi seperti NasDem dan PKS tidak diundang, Viva menekankan acara itu bersifat internal. Dengan demikian, dia menyebut tak ada undangan ke parpol lain.

"Karena ini sifatnya acara internal KIB, maka tidak ada undangan ke parpol lain," kata Viva.

Sebelumnya, perihal undangan Golkar ke AHY di acara tersebut disampaikan oleh Koordinator Juru Bicara DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra. Herzaky mulanya menjelaskan soal karangan bunga yang dikirimkan AHY di acara KIB itu.

Herzaky mengatakan karangan bunga itu sebagai tanda untuk menghormati undangan tertulis yang sebelumnya disampaikan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

"Benar bunga itu dari DPP, sebagai tanda untuk menghormati undangan tertulis yang telah disampaikan oleh Ketua Umum Golkar Pak Airlangga Hartarto pada tanggal 11 Agustus 2022," kata Herzaky kepada wartawan, Senin (15/8/2022).

AHY mengirimkan karangan bunga lantaran tidak dapat hadir. Menurutnya, acara tersebut merupakan acara internal KIB, sedangkan Demokrat bukanlah parpol bagian dari koalisi itu.

"Namun, Ketum AHY memutuskan tidak hadir, karena acara itu adalah acara internal KIB, sementara Demokrat bukan anggota dari Koalisi Indonesia Bersatu," ujarnya.

Peta Koalisi Terbaru

Untuk diketahui, saat ini ada tiga partai yang belum memiliki tiket pilpres, yaitu Demokrat, PKS dan NasDem. Ada catatan untuk partai yang terakhir disebut.

Dalam manuver terbuka, KIB terlihat aktif mengajak PKS dan Demokrat untuk bergabung. Nah, sekali lagi dalam manuver terbuka, tak terlihat ada manuver mengajak NasDem.

Jika benar tak diajak berkoalisi, maka NasDem terancam ditinggal sendirian dalam upaya pencarian tiket menuju Pilpres 2024. Jika salah satu di antara Demokrat atau PKS berhasil ditarik ke salah satu koalisi yang sudah eksis, maka sisa NasDem dan satu partai yang tak diajak tak bisa mengusung calon di Pilpres 2024.

Jika skenario di atas terjadi, maka 3 bakal capres NasDem bisa jadi harus gigit jari, karena tak bisa diusung menuju Pilpres 2024. NasDem setidaknya harus berkoalisi dengan dua partai lain untuk bisa mendapatkan tiket menuju Pilpres 2024.

Namun tentu saja politik dinamis dan perubahan bisa saja terjadi. Bisa saja situasi politik berubah dan NasDem diajak atau malah membuat koalisi sendiri sehingga 3 bakal capres

Simak Video 'Seputar Visi Misi yang Diusung KIB untuk Pemilu 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT