ADVERTISEMENT

Alasan Partai Besutan Rachmawati Daftar ke KPU Bawa 2 Mobil Boks Berkas

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 22:38 WIB
Ketua Umum Perkasa Eko Suryo Santjojo (Karin Nur Secha/detikcom)
Foto: Ketua Umum Perkasa Eko Suryo Santjojo (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Partai Perkasa (Partai Pergerakan Kebangkitan Desa) besutan Rachmawati Soekarnoputri tiba di kantor KPU RI untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang. Mereka membawa puluhan boks kontainer ke Kantor KPU RI berisi berkas fisik.

"Gini ya, kita justru untuk menghindari hal-hal yang sifatnya itu tidak konkrit ya. Bisa bayangin loh kalau misalkan hanya di lewat lewat internet lewat sipol itu kan nggak tahu fisik ada atau nggak, betul ndak? Nah kita konkret ini loh buktinya, ini loh barangnya," ujar Ketua Umum Perkasa Eko Suryo Santjojo di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/8/2022).

"Jadi harus seperti itu namanya juga verifikasi kan harus ada barang fisiknya dong, nggak bisa hanya di dunia maya gitu aja kan," sambungnya.

Kemudian dia mengatakan partainya melakukan kombinasi antara Sipol dan bukti fisik. Eko mengklaim data partainya di Sipol telah mencapai 95 persen.

"Sipolnya 95% ya cuma sedikit yang kurang itu tapi kan sampai jam 23.59 WIB kan," ucap Eko.

Dia juga menargetkan sejumlah hal. Di antaranya menargetkan partainya akan lolos verifikasi kelengkapan berkas.

"Tentunya sebagai parpol peserta pemilu pertama kita lolos dulu ya verifikasi lolos, yang kedua ya ikut pemilu, ketiga minimal tuh lolos parlementery threshold lah 4,5% ya," katanya.

Partai Perkasa Bawa Puluhan Boks

Diberitakan sebelumnya, Partai Perkasa membawa puluhan boks kontainer ke Kantor KPU RI. Berkas ini dipergunakan untuk keperluan mendaftar Pemilu 2024.

Pantauan detikcom pukul 18.51 WIB, Minggu (14/8/2022) terlihat satu mobil truck dan satu mobil boks. Mobil tersebut berisi puluhan boks kontainer.

Terlihat puluhan boks kontainer dengan tutup berwarna oranye di dalam mobil tersebut. Salah satu boks kontainer tersebut berlogo Partai Perkasa bertuliskan 'DKI Jakarta'.

Ketika salah satu boks tersebut dibuka berisikan bundelan kertas berisi KTA kader partai. Sekitar 25 boks telah diturunkan dari truck.

Saat ini boks berisi bundelan kertas tersebut telah dipindahkan ke dalam Ruang Pemeriksaan Fisik Kantor KPU RI. Puluhan boks kontainer ini diterima langsung oleh pihak KPU dan Bawaslu. Boks kontainer tersebut kini telah ditumpuk rapi untuk diperiksa oleh pihak KPU RI.

Tak hanya Partai Perkasa, Partai Bhinneka Indonesia (PBI) juga membawa sejumlah boks kontainer berisi bundelan berkas KTA. Pihak PBI membawa empat boks kontainer berwarna hijau berlambang 'PBI'.

(ain/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT