ADVERTISEMENT

Deretan Parpol Daftar ke KPU di Hari Terakhir: Partai Perkasa hingga Masyumi

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 19:55 WIB
Kader Partai Masyumi tiba di Kantor KPU RI pukul 18.00 WIB. Mereka mengenakan seragam partai senada berwarna hitam (Karin Nur Secha/detikcom)
Foto: Kader Partai Masyumi tiba di Kantor KPU RI pukul 18.00 WIB. Mereka mengenakan seragam partai senada berwarna hitam (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah partai datang ke kantor KPU RI untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang. Mereka yakni Partai Pergerakan Kebangkitan Desa (Perkasa) hingga Partai Masyumi.

Pantauan detikcom di kantor KPU pada Minggu (14/8) sore, tampak rombongan Partai Bhinneka Indonesia tiba di KPU. Mereka turut membawa massa.

"Kesiapannya seperti biasa. Untuk yang tahun ini lebih lengkap persiapannya, Sipol 7x lebih baik sistemmya semuanya bisa berjalan dengan baik. Ya tinggal partai-partai ini berusaha untuk memenuhi syarat yang ditetapkan dalam ketentuan politik itu," ujar Ketua Umum Partai Bhinneka Indonesia, Nurdin di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/8/2022).

Ketua Umum Partai Bhinneka Indonesia Nurdin (Karin Nur Secha/detikcom)Foto: Ketua Umum Partai Bhinneka Indonesia Nurdin (Karin Nur Secha/detikcom)

Kemudian, Nurdin berharap dalam pemilu kali ini partainya dapat lolos menjadi peserta. Dia berharap dapat lolos parlemen.

"Kita harapkan begitu kalau bisa ya 4 persen atau mungkin bisa lebih sedikit bisa menjadi parpol yang paramenter, kalau nggak paramentar kan percuma juga," jelas Nurdin.

"Optimis (lolos) lah. Kita sudah ada angka-angkanya disana 100 persen. Sudah satu angka yang dinilai komputer jadi nggak main-main jadi kalau kita sudah 100 persen optimisme lah," sambungnya.


Partai Pandu Bangsa Target Lolos Verifikasi Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua Umum Partai Pandu Bangsa, Widyanto Kurniawan mengatakan partainya optimis lolos verifikasi Pemilu 2024. Widyanto menyebut ini kali pertama partainya mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI.

"Harapan jikalau Tuhan mengizinkan kami akan mewarnai demokrasi Indonesia dengan anak-anak muda berkarakter kebangsaan, terimakasih," ucapnya.

"Lolos verifikasi, amin amin," sambungnya.


Partai Masyumi Bawa Iringan Tari Gelombang Persembahan

Kader Partai Masyumi tiba di Kantor KPU RI pukul 18.00 WIB. Mereka mengenakan seragam partai senada berwarna hitam.

Mereka datang sambil diiringi tarian khas Sumatera Selatan tersebut. Sejumlah penari terlihat elok menari saat menyambut rombongan Partai Masyumi.

Kader Partai Masyumi tiba di Kantor KPU RI pukul 18.00 WIB. Mereka mengenakan seragam partai senada berwarna hitam (Karin Nur Secha/detikcom)Foto: Kader Partai Masyumi tiba di Kantor KPU RI pukul 18.00 WIB. Mereka mengenakan seragam partai senada berwarna hitam (Karin Nur Secha/detikcom)

Tampak Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani memimpin rombongan tersebut. Dia juga terlihat mengenakan peci berwarna hitam.

Kemudian, terlihat juga rombongan partai membawa satu mobil komando. Atribut partai, seperti bendera juga turut dibawa mereka.


Partai Perkasa-PBI Bawa Puluhan Boks

Partai Perkasa membawa puluhan boks kontainer ke Kantor KPU RI. Berkas ini dipergunakan untuk keperluan mendaftar Pemilu 2024.

Pantauan detikcom pukul 18.51 WIB, Minggu (14/8/2022) terlihat satu mobil truck dan satu mobil boks. Mobil tersebut berisi puluhan boks kontainer.

Partai Perkasa dan PBI membawa puluhan boks kontainer ke Kantor KPU RI (Karin Nur Secha/detikcom)Foto: Partai Perkasa dan PBI membawa puluhan boks kontainer ke Kantor KPU RI (Karin Nur Secha/detikcom)

Terlihat puluhan boks kontainer dengan tutup berwarna oranye di dalam mobil tersebut. Salah satu boks kontainer tersebut berlogo Partai Perkasa bertuliskan 'DKI Jakarta'.

Ketika salah satu boks tersebut dibuka berisikan bundelan kertas berisi KTA kader partai. Sekitar 25 boks telah diturunkan dari truck.

Saat ini boks berisi bundelan kertas tersebut telah dipindahkan ke dalam Ruang Pemeriksaan Fisik Kantor KPU RI. Puluhan boks kontainer ini diterima langsung oleh pihak KPU dan Bawaslu. Boks kontainer tersebut kini telah ditumpuk rapi untuk diperiksa oleh pihak KPU RI.

Tak hanya Partai Perkasa, Partai Bhinneka Indonesia (PBI) juga membawa sejumlah boks kontainer berisi bundelan berkas KTA. Pihak PBI membawa empat boks kontainer berwarna hijau berlambang 'PBI'.

Sebelumnya, ada pula sederet parpol yang sudah mendaftar yaitu Partai Karya Republik (PAKAR), Partai Bhinneka Indonesia, Partai Pandu Bangsa, dan Partai Perkasa.

Diketahui, KPU RI sudah menjadwalkan 10 partai yang akan mendaftar hingga pukul 22.00 WIB. Berikut jadwal pendaftarannya:

1. Partai Karya Republik pukul 15.00 WIB
2. Partai Pandu Bangsa pukul 16.00 WIB
3. Partai Bhinneka Indonesia pukul 16.00 WIB
4. Partai Masyumi pukul 16.00 WIB
5. Partai Perkasa (Partai Pergerakan Kebangkitan Desa) pukul 19:00 WIB
6. Partai Damai Kasih Bangsa pukul 20.00 WIB
7. Partai Republik Satu pukul 20:00 WIB
8. Partai Kedualatan pukul 20.30 WIB
9. Partai Pemersatu Bangsa pukul 21:00 WIB
10. Partai Rakyat pukul 22.00 WIB

(ain/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT