ADVERTISEMENT

Targetkan Masuk Parlemen, Partai Kongres Dorong Presiden Threshold 0 Persen

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 14:11 WIB
Ketua Umum Partai Kongres Indonesia Zakariani Santoso
Foto: Ketua Umum Partai Kongres Indonesia Zakariani Santoso (paling kiri). (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Partai Kongres hari ini mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilu 2024. Ketua Umum Partai Kongres Indonesia Zakariani Santoso mengatakan pihaknya menargetkan untuk masuk ke kursi parlemen dengan tujuan merubah undang-undang yang dapat menyejahterakan rakyat.

"Kita persiapan sudah, maju pantang mundur, ikut pemilu duduk di parlemen. Nanti Partai Kongres akan merubah sistem-sistem yang prorakyat," katanya di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2022).

Zakariani berharap Partai Kongres mendapatkan kursi di DPR. Dia menyebut ingin merubah sistem Presiden Threshold dari 20 persen menjadi 0 persen.

"Kalau bisa kita di DPR RI, kita bisa ikut mengubah undang-undang. Kami akan merubah, kami akan keras untuk itu karena ada satu UU yang menyangkut ini yang harus kita rubah. Namanya Presiden Threshold 20%, ada Parlemen Threshold 4% ambang batas tuh. Padahal kalau pemilu serentak kan logikanya Presiden Thresholdnya 0% kan," katanya.

Zakariani mengaku dokumen persyaratan pendaftaran Partai Kongres telah lengkap. Dia mengatakan pihaknya siap untuk mengikuti pemilu 2024.

"Sebenarnya saya malu usia sudah tua, di kantor juga masih banyak yang tua, di daerah juga. Tapi mereka masih tetap berjuang, 'Ibu jalankan karena antar kami ke DPR'. Jadi itu lah yang membuat saya, saya sebenarnya udah malas. Tapi karena itu lah saya pikir aspirasi rakyat dan ini adalah untuk kepentingan rakyat," jelas dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan ada empat partai politik yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hari ini. Salah satunya, ialah Partai Kongres.

"Pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2022 ada empat partai politik yang berencana dan sudah mengagendakan pendaftarannya. Pertama, Partai Pelita akan daftar pada pukul 10.00 WIB," ucap Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik, di Kantor KPU RI, Jumat (12/8).

Berikutnya ada Partai Kongres yang akan mendaftar pada pukul 10.00 WIB dan Partai Republik Satu akan mendaftar pada pukul 15.30 WIB.

"Terakhir, Partai Masyumi akan mendaftar di pukul 15.30 WIB. Jadi pada hari Sabtu hari ke-13 esok ada empat partai politik," kata Idham.

Simak Video: Anis Matta Targetkan Partai Gelora Lolos Parliamentary Threshold 4 Persen

[Gambas:Video 20detik]




(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT