ADVERTISEMENT

Puan Cek Persiapan Sidang Tahunan 2022: Tamu Undangan Wajib Tes PCR

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 18:16 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Puan Maharani (Foto: DPR)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani hari ini mengecek persiapan sidang tahunan MPR, DPR dan DPD yang bakal digelar 16 Agustus 2022. Puan menyebut seluruh tamu undangan wajib untuk melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti sidang tahunan.

"DPR sudah sangat siap menyelenggarakan sidang tahunan 2022 yang merupakan amanat dari Tata Tertib MPR Nomor 1 Tahun 2014," kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

"Para tamu undangan diwajibkan melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti sidang tahunan dan protokol kesehatan akan kita jaga betul," tambahnya.

Diketahui, sidang tahunan kali ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, dan 103 duta besar. Tak hanya itu, para mantan presiden hingga para ketua umum partai politik. Sidang tahunan bakal digelar dengan kehadiran fisik 100 persen meski masih pandemi Corona.

Puan menjelaskan persiapan pelaksanaan sidang tahunan 2022 yang telah dilakukan sejak jauh hari. Persiapan itu salah satunya terkait pengamanan yang dilakukan secara optimal.

"Termasuk dari sisi pengamanan kegiatan yang telah dilakukan dengan optimal mengingat sidang tahunan akan dihadiri oleh presiden, wakil presiden, jajaran menteri, dan para duta besar negara sahabat," jelasnya.

Puan kemudian mengungkapkan sidang tahunan kali ini akan menggunakan ornamen batik kawung khas Yogyakarta. Ornamen batik kawung akan ditampilkan di dalam lobby gedung DPR.

Lebih lanjut, Puan menyebut dalam setiap acara yang diselenggarakan DPR tentunya bernuansa nusantara. Ornamen yang disiapkan untuk sidang tahunan juga berkonsep sederhana dan tidak berlebihan.

"Di setiap acara yang diselenggarakan DPR memang selalu bernuansa nusantara karena kami ingin kekhasan Indonesia selalu ada di tiap-tiap event yang kita selenggarakan," ucap Puan.

"Tentunya kita buat semenarik mungkin tapi tetap menunjukkan kesederhanaan. Karena Sidang Tahunan juga sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT RI, kita ingin nuansa nusantara cukup terasa," tambahnya.

(nhd/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT