ADVERTISEMENT

Partai Berkarya Gelar Rakornas Sore Ini Tentukan Nasib Sekjen Andi Picunang

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:21 WIB
Ketua Bapilu Partai Berkarya Irmanjaya Taher
Ketua Bapillu Partai Berkarya Irmanjaya Taher (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Partai Berkarya sore ini bakal mengadakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) untuk membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah membahas nasib Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang.

"Konsolidasi nanti sore kita akan melakukan rapat koordinasi khusus nasional bisa juga dilanjutkan dengan munas itu tergantung situasi di lapangan," ujar Ketua Bapillu Partai Berkarya Irmanjaya Taher di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan pada tanggal 25 Juli, Picunang telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai sekjen partai. Namun, nantinya partai akan melihat pandangan umum dari seluruh Dewan Perwakilan Umum Daerah di 23 provinsi.

"Secepatnya (nasib Picunang akan diputuskan). Kita lihat nanti berdasarkan pandangan umum nanti sore itu akan menjadi catatan untuk kita semua," ucapnya.

"Masih, sekjen masih ada tadi kelihatan masih mendaftar bersama. Masih (pak Badar) meskipun dalam posisi nonaktif," sambungnya.

Dalam pendaftaran Partai Berkarya ke Kantor KPU RI pagi ini terlihat Sekjen Badaruddin Andi Picunang turut hadir mendampingi Ketum Muchdi Purwoprandjono. Secara terpisah, Picunang mengatakan kehadirannya kali ini merupakan atas kepentingan partai.

"Menurut saya kepentingan partai di atas segala-galanya. Jadi kelompok-kelompok yang ada di Berkarya ini jauh hari sebelumnya saya menghimbau untuk bersatu untuk kepentingan partai sehingga tanpa saya selaku Sekjen hari ini hadir dan menandatangani form pendaftaran maka Berkarya tidak akan bisa melanjutkan verifikasi. Itulah yang kami pikirkan sehingga saya hadir di tengah-tengah teman-teman pengurus hari ini untuk mendaftar demi kepentingan partai," jelas Picunang.

Picunang menganggap adanya konflik internal partai, merupakan dinamika biasa. Dia menegaskan dirinya akan terus solid dengan Partai Berkarya hingga Pemilu 2024.

"Itu biasa dalam politik ya apalagi dalam organisasi politik biasa ada isu dan informasi trik-trik dan sebagainya. Tapi sekali lagi ini demi partai saya berdiri dan hadir di tempat ini bersama kawan-kawan yang hadir di KPU saat ini untuk melihat partai ini lebih baik ke depan," jelas Picunang.

"Tentunya riak-riak itu pasti ada, tapi sekali lagi demi kepentingan partai demi untuk pemilu 2024 utamanya teman-teman yang ada di daerah yang bersusah-payah menyiapkan proses administrasi tahapan verifikasi ke depan. Saya menghargai itu kita semua menghargai itu. Sehingga kita menurunkan ego kita bersama-sama di perahu Partai Berkarya," sambungnya.

Picunang Minta Kader Tinggalkan Ego

Diberitakan sebelumnya, Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang berharap kadernya menanggalkan ego pribadi, menghentikan politik adu domba, dan merangkul semua pihak agar kisruh internal dapat diredam. Picunang juga berharap kader menghindari musyawarah nasional luar biasa (munaslub) sebelum partai ini dinyatakan lolos menjadi peserta Pemilu 2024 atau sebaiknya munas bersama.

"Kalau mau damai buatlah Munas bersama setelah lolos verifikasi yang melibatkan para pendiri partai, pihak Syamsu Djalal, pihak Hutomo Mandala Putra/Tommy Soeharto, pihak Neneng A. Tuty dan lainnya," kata Picunang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/8/2022).

Lihat juga video 'Partai Berkarya Kubu Muchdi Pr Klaim Sudah Dapatkan SK Kemenkum HAM':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT