ADVERTISEMENT

Effendi Simbolon Nilai Peluang Capres PDIP Ada di Puan Maharani

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 00:06 WIB
Jakarta -

Politikus PDIP Effendi Simbolon menyebut peluang calon presiden (capres) yang akan diusung PDIP akan diberikan kepada Puan Maharani. Dia menyatakan hal itu sebagai pendapat pribadinya.

Effendi awalnya mengatakan potensi penyelenggaraan pemilu yang hampir jadi pada 14 Februari 2024. Hal itu disampaikannya dalam diskusi kerjasama detikcom dan total politik yang berjudul 'Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela' yang tayang di detikcom, Rabu (10/8/2022).

"Saya mengatakan mudah-mudahan insyaallah 14 Februari itu terjadi pemilu baik pileg maupun pilpres," kata Effendi.

Effendi lalu bicara keputusan capres dari PDIP ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hingga saat ini, menurutnya tidak ada yang mengetahui siapa yang akan diusung PDIP.

"Nah kalau siapa yang akan dicalonkan kalau PDIP kan sudah final, finalnya artinya kuasanya ada di hak prerogatif Ibu Ketum, siapa nanti yang akan diusung itu saya tidak tahu," ujarnya.

Effendi lantas menyatakan pandangan pribadinya. Dia menilai kalau peluang capres 2024 di PDIP akan diberikan kepada Puan Maharani.

"Tapi kalau saya pribadi saat ini, saya melihat peluang itu ada di Mbak Puan. Yang lain saya tidak lihat peluang itu. Kalau saya pribadi ya (Puan)," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan banyak waktu memperbaiki kekurangan yang dimiliki Puan untuk menjadi capres. Sehingga menurutnya, lebih cepat lebih baik diumumkan siapa tokoh capres yang akan diusung.

"Sehingga kalau misalnya lebih cepat lebih baik di-launch misalnya figur Mbak Puan, lepas dari segala kekurangannya itu masih ada waktu untuk dilakukan, katakanlah untuk memperbaiki dan membenahi hal hal yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin ini, sehingga saya sekali lagi ini pandangan saya pribadi ketika ditanya seperti apa," ucapnya.

(eva/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT