ADVERTISEMENT

Adu Kuat 4 'Bakal Capres' PDIP

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 16:26 WIB
Presiden Joko Widodo hadiri Rakernas II PDIP yang digelar di Jakarta. Usai berlangsungnya pembukaan Rakernas Jokowi tampak berfoto bersama para kader PDIP.
Presiden Jokowi foto bersama dengan petinggi dan kader PDIP. (Grandyos Zafn/detikcom)
Jakarta -

Empat kader PDIP yakni Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, dan Abdullah Azwar Anas, dianggap partainya layak maju jadi capres 2024. Bagaimana kekuatan keempat kader PDIP tersebut jelang 2024?

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan hingga saat ini partainya belum menentukan sosok yang akan menjadi capres 2024. Sosok-sosok kader terbaik ini muncul di unggahan akun Instagram PDIP, @pdiperjuangan, seperti dilihat, Selasa (9/8) kemarin.

Hasto menyebut 4 kader terbaik tersebut yang kini jadi pejabat publik yakni: Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mensos Tri Rismaharini, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

"Jadi kalau kita lihat di PDI Perjuangan ini kan banyak tokoh-tokoh yang berkaliber di tingkat nasional, ya. Tadi disebutkan misalnya Mbak Puan sebagai Ketua DPR RI, kemudian ada Bu Risma, ada kemudian Pak Ganjar, ada Pak Anas. Bahkan Pak Anas ini sebagai kepala LKPP membuat banyak terobosan yang membanggakan PDI perjuangan dalam kepemimpinan Pak Anas, misalnya," kata Hasto.

Berdasarkan hasil dua lembaga survei yang dirilis pada Juni, kader PDIP yang elektabilitasnya tertinggi adalah Ganjar Pranowo, disusul Puan Maharani, dan Risma. Sementara nama Azwar Anas tak muncul.

Begini kekuatan keempat kader PDIP tersebut berdasarkan hasil surveinya:

Survei LSI Denny JA

Lembaga survei LSI Denny JA merilis survei elektabilitas capres pada Pilpres 2024 pada Juni lalu. Hasilnya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga besar.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodologi multistage random sampling, jumlah responden ada 1.200 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen, waktu riset dilengkapi riset kualitatif pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022.

"Kita memotret kira-kira siapa sebenarnya secara elektabilitas yang paling tinggi elektabilitasnya penerimaan masyarakatnya di survei terbaru kita, kita tahu bahwa ini ada 10 capres yang kita uji mulai dari Pak Prabowo sampai dengan Pak Moeldoko dan ini adalah hasilnya dan Prabowo Subianto ini masih menjadi yang terunggul di angka 28,9 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam konferensi pers yang digelar virtual, Selasa (13/6).

Berikut ini hasil survei LSI Denny JA:
1. Prabowo Subianto 28,9%
2. Ganjar Pranowo 23,5%
3. Anies Baswedan 14,6%
4. Agus Harimurti Yudhoyono 6,1%
5. Sandiaga Uno 5,3%
6. Airlangga Hartarto 4,5%
7. Puan Maharani 2%
8. Tri Rismaharini 1,6%
9. Erick Thohir 1,5%
10. Moeldoko 0,1%
Tidak tahu/tidak jawab 11,9%

Survei Litbang Kompas

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih merajai peringkat papan atas survei pencapresan. Survei Litbang Kompas yang terbaru membuktikan dominasi ketiga tokoh potensial capres ini.

Dikutip dari hasil survei Litbang Kompas, Rabu (22/6), berikut urutan elektabilitas tokoh potensial capres tersebut:
1. Prabowo 25,3%
2. Ganjar Pranowo 22%
3. Anies Baswedan 12,6%

Urutan ini belum berubah dibanding hasil survei Litbang Kompas pada Januari lalu. Bedanya, elektabilitas Prabowo dan Anies cenderung turun dibanding hasil survei Januari lalu, masing-masing saat itu Prabowo mendapat 26,5% dan Anies mendapat 14,2%.

Lain dengan elektabilitas Prabowo dan Anies yang turun, elektabilitas Ganjar naik dari hasil survei Januari sebesar 20,5% menjadi 22% dari hasil survei terbaru ini.

Lihat juga Video: Ganjar Dinilai Kehilangan Marwahnya Tanpa PDI Perjuangan

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT