ADVERTISEMENT

Daftarkan Golkar ke KPU, Airlangga: Pemilu 2024 Harus Sesuai Jadwal

Gibran Maulana - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 11:35 WIB
Tiba di KPU untuk Daftar Pemilu, Trio Ketum KIB Salam Jempol (Wilda/detikcom)
Foto: Tiba di KPU untuk Daftar Pemilu, Trio Ketum KIB Salam Jempol (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memimpin parpolnya melakukan pendaftaran pemilu ke KPU hari ini. Dalam kesempatan itu, Airlangga membicarakan soal anggaran dan jadwal Pemilu 2024.

Airlangga mulanya berbicara soal komitmen Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)-koalisi yang digagas Golkar, PPP, PAN-dalam menjaga stabilitas politik. Airlangga mengatakan stabilitas politik akan mendorong pembangunan.

"Kami memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dalam Pileg dan Pilpres 2024. Ini adalah Pemilu yang ke-13 yang dilaksanakan di Indonesia. Kami juga mendorong untuk pemilu yang dilaksanakan secara jurdil, demokratis dan tidak menggunakan isu-isu primordial yang akhirnya hanya memecah belah bangsa," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

"Kita memiliki kepentingan untuk menjaga stabilitas politik. Karena dengan stabilitas politik maka pembangunan dapat terus dilakukan. Oleh karenanya pemilu harus dilaksanakan sesuai jadwalnya, yaitu di bulan Februari 2024," lanjutnya.

Airlangga kemudian menyinggung soal anggaran pemilu. Airlangga meminta anggaran pemilu yang dibutuhkan segera direalisasikan agar dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang disusun KPU.

"Partai Golkar mendorong pemerintah agar segera merealisasikan anggaran yang dibutuhkan agar semua tahapan, program dan agenda yang telah tersusun oleh penyelenggara pemilu dapat dilaksanakan sesuai jadwal," kata dia.

Airlangga mengatakan pemilu adalah kegiatan yang memerlukan anggaran bersifat multi years atau tahun jamak. "Untuk tahun 2022 pencairan tentu sesuai kebutuhan dan berbasis DIPA. Untuk tahun 2023 sudah disampaikan bahwa anggaran KPU masuk dalam skala prioritas," ujarnya.

Airlangga kemudian mengapresiasi KPU yang telah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik. "Kami mengapresiasi KPU yang telah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik. Tahun 2024 adalah pemilu yang ke-13 sejak pertama kali diadakan pemilu di tahun 1955, 1971 dan seterusnya," ujarnya.

Diketahui, Golkar mendaftarkan diri bersama dengan parpol lainnya di Koalisi Indonesia Bersatu yakni PAN dan PPP. Tiga pucuk pimpinan partai, yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa, bersama-sama hadir di KPU.

Airlangga mengatakan bahwa kunci mengatasi berbagai persoalan dan konflik adalah persatuan. Dia mendorong semua pihak bekerja sama dalam menangani krisis.

"Beragam tantangan besar bakal dihadapi bangsa Indonesia, termasuk political storm. Untuk mencegahnya, kita perlu bersatu," kata Airlangga.

"Kerja sama erat dengan seluruh pemimpin dan komponen masyarakat Indonesia, bersama-sama dalam menangani krisis, menjadi sangat penting," imbuhnya.

Airlangga mengajak seluruh masyarakat untuk optimistis menghadapi Pemilu 2024. Dia meminta semua pihak memastikan pemilu mengadopsi prinsip good governance.

"KIB mengajak seluruh masyarakat untuk optimistis menghadapi Pemilu 2024. Masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan semua pihak memastikan pemilu mengadopsi prinsip-prinsip good governance," katanya.

Simak video 'Koalisi Indonesia Bersatu Daftar Bareng ke KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT