ADVERTISEMENT

Ini Maksud Prabowo Bicara Kode 8 saat Daftarkan Gerindra ke KPU

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 11:33 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba di gedung KPU, Senin (8/8/2022). Kedua tokoh tiba di KPU untuk mendaftarkan partai mereka sebagai calon peserta Pemilu 2024.
Foto: Prabowo Subianto (Agung Pambudhy/detikcom).
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkit kode angka 8 saat memimpin pendaftaran partainya ke KPU. Apa maksud Prabowo?

Waketum Gerindra Habiburokhman mengatakan kode 8 yang disebut-sebut Prabowo itu hanya gurauan. Habiburokhman menjelaskan angka 8 menjadi kode panggilan Prabowo di kalangan internal.

"He-he-he..., beliau sebenarnya bercanda saja soal angka-angka itu," kata Habiburokhman saat dihubungi, Selasa (9/8/2022).

"Pak Prabowo kan punya call sign 08," imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, angka 8 itu juga cocok dengan tanggal dan jam pendaftaran Gerindra ke KPU.

"Kemarin memang semua pas angka 8. Partai pendaftar ke 8, didaftar tanggal 8 bulan 8, jam pendaftaran 15.20 WIB atau 17, dijumlah ya 8 (1+5+2+0)," kata dia

Habiburokhman menyebut semuanya hanya kebetulan. Namun dia berharap angka 8 yang kebetulan itu berbuah tanda baik Prabowo menjadi Presiden ke-8 RI di 2024.

"Semua kebetulan, tapi menimbulkan semangat dan harapan baik bahwa beliau insyaallah menjadi Presiden ke-8 RI. Kita doakan dan aminkan saja, ya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo berbicara soal angka 8 yang disebutnya 'mungkin sudah diatur'. Prabowo mengungkit tanggal, jam pendaftaran, dan urutan parpol yang mendaftar dalam sambutannya.

"Pada siang hari ini tanggal 8 Agustus 2022 ini tadi tepat saya masuk, nomor urut ke-17 pendaftaran. Jadi kita partai ke 17 yang mendaftar. Kemudian kebetulan juga tadi saya tanya sekjen yang mendampingi saya, waktu, ada waktunya itu 15.20 tepat saya tanda tangan," kata Prabowo.

Prabowo menyebut kesemua angka itu merujuk 8. Prabowo menduga ini adalah kode.

"Jadi kalau diperhatikan kok 1+7 itu 8. Tanggal 8. Jam 15.20. Kok delapan terus yang keluar. Jangan-jangan sudah diatur gitu," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan pendaftaran peserta pemilu penting bagi keberlangsungan bangsa. Gerindra, kata dia, sudah melaksanakan tugas tersebut.

"Jadi kita hari ini melaksanakan tugas konstitusional kita sebagai partai politik kita mendaftarkan diri ke KPU untuk ikut serta dalam proses yang sangat penting dalam kehidupan bangsa dan bernegara ini," ujar Prabowo.

Prabowo dan Cak Imin bakal bersama-sama menghadapi Pilpres 2024. Pemimpin yang terpilih nanti merupakan presiden ke-8 Indonesia.

Simak video 'Prabowo Ungkit Angka 8 Kala Beri Sambutan di KPU':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT