ADVERTISEMENT

Prabowo Wakili Jokowi di Penutupan Piala Presiden, Endorse Pilpres?

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 11:07 WIB
Prabowo dan Jokowi saling berikan hormat
Foto Momen kebersamaan Prabowo bersama Jokowi: (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sempat mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara penutupan kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022. Apakah ini sinyal Jokowi mendukung Prabowo maju di Pilpres 2024?

Momen Prabowo mewakili Jokowi itu diunggah di akun Instagram resminya. Terlihat Prabowo berfoto bersama para atlet yang mengangkat trofi kejuaraan.

"Mewakili Presiden Joko Widodo pada agenda penutupan kejuaraan bulutangkis Piala Presiden 2022," tulis Prabowo seperti dilihat, Selasa (9/8/2022).

Diketahui, akhir-akhir ini Presiden Jokowi disebut memberikan 'endorse' atau mendukung figur-figur yang santer akan berlaga di Pilpres 2024. Apakah momen Prabowo mewakili Jokowi termasuk 'endorse'?

"Ya namanya juga pembantu presiden ya, Pak Prabowo menjalani apa yang diminta oleh Pak Presiden. Kemudian diminta mewakili menutup bulu tangkis ya dilakukan aja," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Dasco menyebut pihaknya tak memikirkan soal ada atau tidaknya sinyal endorse dari Jokowi kepada ketumnya. Dia menekankan Prabowo menjalankan tugas yang diberikan presiden.

"Ya nggak kepikir apakah itu mau kode atau apa, tapi ya namanya tugas pasti dijalankan," ujarnya.

Dasco menyebut tak ada masalah Prabowo ditunjuk Jokowi di agenda keolahragaan. Lagipula, kata dia, Prabowo merupakan seorang ketua umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

"Iya memang bidangnya olahraga, tapi kan jangan lupa, Pak Prabowo itu juga sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia, olahraga juga. Jadi kan nggak ada masalah kalau kemudian Pak Prabowo diminta mewakili menutup kejuaraan bulu tangkis," ujar Wakil Ketua DPR ini.

Saat ditanya apakah ada kekhususan Prabowo di mata Jokowi, Dasco menekankan Prabowo menjalankan tugas.

"Soal khusus saya nggak tahu. Apakah kemudian itu khusus di mata Pak Jokowi atau memang karena, ya, hanya diminta mewakili menutup bulutangkis," katanya.

Sementara itu, Juru bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyampaikan hal serupa. Dahnil mengatakan bosnya itu hanya menjalankan tugas yang diberikan presiden.

"Pak Prabowo dipercaya Pak Presiden untuk memberikan motivasi dan pesan-pesan beliau kepada seluruh atlet dan official, sebagai pembantu Presiden tentu Pak Prabowo melaksanakan semua tugas dari presiden," ujar Dahnil.

Simak video 'Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT