PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

ADVERTISEMENT

PDI Perjuangan Padamkan Isu Ganjar-Erick Diendorse Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 08:05 WIB
Presiden Jokowi jalan-jalan di CFD Solo ditemani Ganjar dan Jan Ethes, Minggu (7/8/2022).
Jokowi dan Ganjar Pranowo saat CFD di Solo. (Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)

PDIP: Itu Jalan Sehat Biasa

PDIP menanggapi kedekatan Jokowi dengan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir yang jalan bareng di CFD Solo. PDIP menegaskan bakal memutuskan sosok pemimpin berdasarkan ideologi, rekam jejak, hingga kaderisasi.

"PDI Perjuangan menegaskan bahwa yang dicari dari sosok capres dan cawapres 2024 adalah sosok pemimpin bangsa yang kokoh pada jalan ideologi Pancasila; memiliki rekam jejak prestasi yang membanggakan; lahir melalui proses kaderisasi kepemimpinan partai dan memiliki kemampuan profesional di dalam membawa kemajuan bangsa serta berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Senin (8/8).

PDIP menilai momen Jokowi jalan sehat bareng Ganjar dan Erick sebagai peristiwa hal yang bisa. PDIP menilai memutuskan sosok pemimpin tak dilakukan di pinggir jalan.

"Dengan demikian memutuskan tentang pemimpin tidak dilakukan di pingir jalan; tidak juga dilakukan sambil bersenda-gurau. Semua pertimbangan dilakukan dengan matang penuh dengan hikmat kebijaksanaan," ujar Hasto.

"Karena itulah jalan-jalan sehat yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan hal yang biasa, dan tidak terkait dengan kepemimpinan 2024," imbuhnya.

Pembahasan PDIP soal pemimpin 2024, menurut penjelasan Hasto, dilakukan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di tempat khusus. Hal itu, kata Hasto, dilakukan Megawati saat mencalonkan Jokowi.

"Pembahasan kepemimpinan 2024 akan dilakukan melalui dialog intens, mendalam, kontemplatif; bahkan tempatnya pun sangat khusus. Hal itulah yang nantinya akan dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan hal itulah yang beliau lakukan sebelum mencalonkan Pak Jokowi untuk Pemilu 2014 dan 2019," ujar Hasto.

Hasto Kristiyanto (Dok PDIP)Hasto Kristiyanto. (Dok PDIP)

NasDem: Ini Enaknya Punya Jagoan

Partai NasDem turut merespons soal mencuat sinyal Jokowi memberikan endorse Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024. Ketua DPP NasDem Willy Aditya menyinggung Ganjar sebagai salah satu jagoan mereka untuk diusung maju nyapres.

"Namanya tafsir ya sah-sah saja. Apapun bisa ditafsirkan dengan beragam perspektif," kata Willy kepada wartawan, Senin (8/8).

Willy tak mempersoalkan jika sinyal endorse dari Jokowi ke Ganjar itu benar. Baginya, Ganjar merupakan salah satu jagoan NasDem di Pilpres 2024.

"Di sisi lain, kalau pun tafsir itu betul ya tidak ada masalah juga. Toh, Mas Ganjar adalah salah satu jagoan NasDem. Ini enaknya punya jagoan lebih dari satu. Ke mana pun jadi enak," tuturnya.

Sebagai informasi, Rakernas NasDem menghasilkan rekomendasi kepada Ketum Surya Paloh untuk mengusung tiga figur di 2024. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Andika Perkasa.

Meskipun begitu, dia menegaskan bukan berarti parpolnya plin plan atas rencana usungan figur yang lebih dari satu itu. Menurutnya, hal itu sesuai dengan kekhasan politik kebangsaan yang dibangun NasDem.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT