ADVERTISEMENT

Tafsir Endorse Usai Ganjar-Erick Ikut Jokowi Jalan Santai

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Agu 2022 06:22 WIB
Presiden Jokowi jalan-jalan di CFD Solo ditemani Ganjar dan Jan Ethes, Minggu (7/8/2022).
Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terlihat jalan bareng di CFD Solo, Minggu (7/8/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendadak muncul di tengah agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ganjar terlihat mendampingi Jokowi saat car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (7/8/2022).

Selain Jokowi dan Ganjar, Menteri BUMN Erick Thohir terlihat hadir di acara tersebut. Tafsiran sinyal Jokowi 'endorse' Ganjar dan Erick untuk maju capres 2024 pun mencuat.

Jokowi Endorse Ganjar dan Erick?

Gerak-gerik Jokowi jelang 2024 sering dikait-kaitkan dengan sinyal endorse atau dukungan. Apakah Jokowi sedang mengendorse Ganjar-Erick?

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut kedekatan Jokowi dengan Ganjar tak terlepas dari dukungan maju nyapres saat di acara Rakernas Pro-Jokowi (Projo), Mei lalu. "Semua orang tahu kedua tokoh ini cukup dekat. Meski dibantah, Jokowi sempat dikaitkan dengan dukungannya ke Ganjar saat acara Projo beberapa waktu lalu," kata Adi saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Namun, Adi melihat tak hanya Ganjar yang terlihat ada di 'ring' Jokowi. Dia menyebut figur lain yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

"Problemnya, bukan hanya Ganjar yang selalu dikaitkan dengan Jokowi, belakangan ini begitu banyak figur sekitar Jokowi yang dikaitkan dengan 2024 terlihat ingin kelihatan sebagai 'orangnya Jokowi'. Ada Prabowo, Erick, Airlangga, dan Sandi," kata dia.

Adi menilai kode kedekatan Jokowi dengan jajaran menterinya merupakan hal lumrah. Meskipun demikian, Adi melihat publik yakin Jokowi tak akan berbeda pilihan dengan jagoan yang akan diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Menurut Adi, figur-figur di luar PDIP tak banyak berharap.

"Kode kedekatan Jokowi dengan beberapa figur potensial maju 2024 perkara lumrah. Karena mereka itu all Jokowi's man, kecuali Anies dan AHY. Terlepas apa pun itu, meski Jokowi selalu dikaitkan kedekatannya banyak figur, publik yakin Jokowi tak akan beda pilihan dengan jagoan yang akan diusung PDIP," ujar dia.

"Yang lain di luar PDIP jangan banyak berharap. Apa pun judulnya, Jokowi itu kader PDIP tulen yang tak mungkin lupa sejarah," katanya.

Relawan Ganjarist soal Endorse

Relawan Ganjar, Ganjarist, bicara soal sinyal endorse dari Jokowi ke Ganjar menuju tahun politik 2024. Ganjarist menilai kedekatan keduanya sudah menjadi rahasia umum.

"Kan memang sudah jadi rahasia umum, hubungan Pak Jokowi dengan Pak Ganjar itu sangat dekat," kata Ketua Ganjarist Eko Kuntadhi saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Eko menilai kedekatan Jokowi dan Ganjar tak hanya terkait hubungan di pemerintahan. Menurut Eko, Jokowi dan Ganjar memilki kedekatan secara personal.

"Kedekatan itu bukan hanya hubungan Presiden dan Gubernur. Tetapi Pak Jokowi secara personal dan Mas secara personal. Bila berjumpa bahasa tubuh keduanya menggambarkan kehangatan," ujar Eko.

Lebih lanjut, Eko menilai kebersamaan itu bisa ditafsirkan adanya sinyal endorse atau dukungan Jokowi kepada Ganjar untuk maju capres 2024. Eko menyebut Jokowi sering menggunakan bahasa simbol dalam melakukan komunikasi politik. Meskipun begitu, dia tak heran bila Ganjar turut hadir dalam agenda Jokowi melakukan CFD di Solo.

"Apakah kedekatan itu bisa ditafsir endorse dari Pak Jokowi ke Mas Ganjar? Bisa saja orang menafsir begitu. Kita tahu Pak Jokowi itu orang Solo. Beliau banyak menggunakan bahasa simbol dalam komunikasi politiknya," katanya.

"Tapi kalau acara CFD-nya Pak Jokowi di Solo, wajar ada Gubernur Jateng. Wong, emang setiap Pak Jokowi pulang ke Solo selalu ditemani Mas Ganjar, kan," lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut.

Saksikan Video 'Momen Jokowi Jalan-jalan di CFD Solo Bareng Jan Ethes, Ada Ganjar-Erick':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT