DetikNews
Selasa 04 Agustus 2009, 19:59 WIB

Wacana Koalisi PD-PDIP

PD: Beri Ketenangan Kepada SBY dan PDIP

- detikNews
PD: Beri Ketenangan Kepada SBY dan PDIP
Jakarta - Wacana bergabungnya PDIP dalam koalisi PD kembali menguat menyusul jabat tangan antara Presiden SBY dengan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas (TK). Terlebih TK terang-terangan memuji RAPBN 2010 yang pengantarnya SBY sampaikan sebagai pro-rakyat.

Atas wacana ini, PD menegaskan tidak pernah menutup peluang menjalin kebersamaan dalam legislatif dan eksekutif dengan PDIP untuk lima tahun ke depan. Keputusan akhir tetap jadi kewenangan SBY selaku capres terpilih 2009-2014 dan pihak DPP PDIP.

\\\"Kita berikan ketenangan dan serahkan sepenuhnya kepada SBY dan PDIP untuk menentukan pilihan politik yang terbaik,\\\" kata Ketua DPP PD Anas Urbaningrum pada detikcom, Selasa (4\/8\/2009).

Mantan anggota KPU ini menjelaskan, kebersamaan di dalam legislatif berkait erat dengan kebersamaan dalam eksekutif. Mengambil keputusan untuk bergabung jelas merupakan keputusan besar bagi dua pihak, maka membutuh waktu mengambil pertimbangan matang.

\\\"Koalisi dalam pemerintahan terkait hak prerogatif, kerjasama di DPR terkait kebijakan masing-masing partai. Biarkan semuanya berjalan alamiah saja,\\\" ujar Anas.

Tetapi bila pada akhirnya dua parpol itu batal berkoalisi, menurut dia, juga bukan sesuatu yang salah. Sebab bagaimana pun logika kerja demokrasi memungkinkan adanya ruang yang sama untuk mengambil sikap beroposisi atau berkooperasi.

\\\"Yang penting konsisten dan konsekwen dengan sikap politik yang diambil,\\\" sambungnya.




(lh/asy)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed