DetikNews
Kolom
Follow detikcom fb share fb share linked share fb share
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Ulama dan Rekonsiliasi Umat Pasca Pemilu
Kolom

Ulama dan Rekonsiliasi Umat Pasca Pemilu

Kamis 25 April 2019, 09:43 WIB Pemilu 2019 membuat keterbelahan umat Islam. Ulama sebagai elite yang dipercaya umat sebaiknya memulai rekonsiliasi dan menjadi motor persatuan umat Islam.
  • Pilpres, Nasi Padang, dan Orang Minang
    Kolom

    Pilpres, Nasi Padang, dan Orang Minang

    Rabu 24 April 2019, 14:41 WIB Orang Minang tidak hanya mampu membaca yang tasurek (tersurat), tapi juga yang tasirek (tersirat). Melihat yang nyata di depan dan tersembunyi di belakang.
  • Takziah untuk Dynan Fariz
    Kolom

    Takziah untuk Dynan Fariz

    Rabu 24 April 2019, 13:06 WIB Dynan Fariz tak hanya identik dengan Jember Fashion Carnaval. Namun, tangan dingin dan ide kreatifnya telah menginspirasi kota-kota lain di Indonesia.
  • Perang dan Damai di Masa Kini
    Kolom

    Perang dan Damai di Masa Kini

    Rabu 24 April 2019, 11:56 WIB Pada abad ini kekerasan yang paling menyebar dan mengerikan bukanlah kekerasan fisik seperti abad-abad lalu, tetapi kekerasan mental oleh tekanan sosial.
  • Terorisme di Sri Lanka
    Kolom

    Terorisme di Sri Lanka

    Rabu 24 April 2019, 11:07 WIB Klaim bahwa serangan di Sri Lanka adalah balas dendam atas tragedi Christchurch memang belum terbukti. Tapi bukan berarti dugaan itu bisa dibuang mentah-mentah.
  • Sulitnya Menertibkan Truk ODOL
    Catatan Agus Pambagio

    Sulitnya Menertibkan Truk ODOL

    Rabu 24 April 2019, 10:22 WIB Sejak puluhan tahun lalu biaya logistik darat dengan truk di Indonesia tidak efisien dan bermasalah karena belum terkoneksinya semua moda angkutan.
  • Kartini sebagai Pejuang Kesadaran Literasi
    Sentilan Iqbal Aji Daryono

    Kartini sebagai Pejuang Kesadaran Literasi

    Selasa 23 April 2019, 15:31 WIB Bukan klaim berlebihan menempatkan Kartini sebagai sosok yang memperjuangkan literasi, meskipun itu hanya ia jalankan dengan sebuah tindakan menggugat.
  • Pemilu Serentak 2019: Irit Biaya Boros Nyawa
    Kolom

    Pemilu Serentak 2019: Irit Biaya Boros Nyawa

    Selasa 23 April 2019, 11:22 WIB Dengan pola serentak, pelaksanaan Pemilu 2019 dapat menekan biaya signifikan. Tapi, di sisi lain menimbulkan banyak korban dari petugas yang kelelahan.
  • Suara Rakyat yang Serak
    Kolom

    Suara Rakyat yang "Serak"

    Senin 22 April 2019, 14:38 WIB Jika tiap kontestan pemilu bertindak merujuk konstitusi, maka suara rakyat yang sudah disalurkan hendaknya dihargai tak saja secara kuantitas tapi juga kualitas