5 Langkah BSI Mendukung UMKM Naik Kelas dan Semakin Maju

ADVERTISEMENT

Kolom

5 Langkah BSI Mendukung UMKM Naik Kelas dan Semakin Maju

Lia Yuliani - detikNews
Sabtu, 31 Des 2022 18:05 WIB
Galeri UMKM binaan BSI
Foto: dok. Christi Mahatma Wardhani
Jakarta -

Sejak pandemi dua tahun lalu, banyak sekali pelaku UMKM yang kesulitan menjalankan usahanya. Kabar baiknya, Bank Syariah Indonesia memiliki berbagai langkah untuk mendukung UMKM di Indonesia naik kelas dan semakin maju.

Sejak pandemi, usaha bisnis kuliner pun semakin diminati karena lebih praktis bisa memesan makanan secara online dan diantarkan langsung pada konsumen. Sayangnya, kenaikan harga minyak beberapa waktu yang lalu berimbas juga pada pelaku UMKM, terutama di bidang kuliner.

Kenaikan harga minyak berimbas pula pada naiknya harga jual produk. Daya beli masyarakat semakin tinggi, tidak sebanding dengan penghasilan atau pendapatan masyarakat. Begitu pula dengan pelaku UMKM, apalagi kemarin terkena pandemi sehingga banyak usaha kecil dan menengah terkena imbasnya. Bank Syariah Indonesia atau BSI memberikan dukungannya terhadap UMKM di Indonesia agar bisa naik kelas dan semakin maju.

Mengenal Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia merupakan bank yang bergerak di bidang perbankan syariah. Bank ini merupakan gabungan berbagai bank syariah di Indonesia seperti Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah yang telah diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 13.00 WIB atau bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H.

Dengan bergabungnya ketiga bank syariah di atas menjadi jalan untuk membentuk bank syariah kebanggaan umat dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Keberadaan Bank Syariah Indonesia merupakan cerminan wajah perbankan Syariah di Indonesia yang universal, modern dan menjadi rahmatan lil alamin atau memberikan kebaikan bagi seluruh alam.

5 Dukungan BSI untuk UMKM Naik Kelas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Kementerian Keuangan menandatangani MoU kerjasama pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE).

Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE) memiliki tujuan untuk mendorong inklusivitas keuangan UMKM dan para nasabah penerima KUR Syariah agar bisa naik kelas sebagai pengusaha kelas menengah atau besar.

Dukungan BSI terhadap perkembangan UMKM di Indonesia cukup besar. Inilah 5 langkah BSI untuk mendukung UMKM naik kelas dan semakin maju, di antaranya:

Pendampingan Umkm dan Pembiayaan Kredit Usaha Syariah

BSI bersinergi dengan Kemenkeu mengadakan pelatihan, pembiayaan, pendampingan perizinan hingga pemasaran bagi UMKM. BSI pun akan memberikan literasi keuangan syariah pada nasabah KUR BSI yang jumlahnya mencapai 221.000 sehingga bisa teredukasi.

Kurasi dan Identifikasi UMKM yang Layak Naik Kelas

BSI juga akan memberikan kurasi dan identifikasi bagi UMKM di Indonesia yang layak naik kelas, dimulai dari proses identifikasi karakteristik UMKM di daerah dan pendampingan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha. Program ini akan diselenggarakan di 7 wilayah dengan KUR terbanyak, yaitu di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat.

Mendorong Nasabah KUR (Kredit Usaha Rakyat) Syariah Naik Kelas

Kini BSI juga terus mendorong para nasabah KUR Syariah supaya bisa naik kelas sehingga akan mempermudah akses permodalan untuk pengembangan usahanya. Sampai Bulan November 2022, BSI sudah menyalurkan pembiayaan KUR Syariah sebanyak 12,2 Triliun rupiah dengan 112.00 jumlah nasabah.

Mendorong Pelaku Umkm agar Meningkatkan Kapabilitas Bisnisnya

Bank Syariah Indonesia juga mendorong para pelaku usaha UMKM agar meningkatkan kapabilitas bisnisnya melalui digitalisasi UMKM dan pencapaian target realisasi penyaluran usaha.

Ada banyak cara untuk mengembangkan kapabilitas bisnis UMKM yaitu dengan pengembangan platform per trade area, melakukan optimalisasi agregator dan reseller, memperluas pasar, meningkatkan SDM, bantuan dana bagi UMKM melalui program Bantuan Produktif Usaha Mikro, subsidi KUR serta memberikan modal koperasi lewat LPDB serta sinergi dengan berbagai kementerian dan BUMN yang memiliki UMKM binaan dengan kualitas yang baik.

Peluncuran Aplikasi 'Salam Digital' UMKM

Dengan adanya aplikasi 'Salam Digital' UMKM bisa lebih praktis karena pelaku UMKM bisa melakukan pembiayaan online melalui aplikasi ini jika tidak sempat mengajukan ke kantor BSI terdekat. Selain itu, para pelaku UMKM dapat mendirikan UMKM Centre di berbagai kota serta mendapatkan pendampingan coaching wirausaha dengan para mentor usaha yang telah mapan.

Melalui kelima langkah di atas diharapkan para pelaku UMKM dan usahanya bisa naik kelas dan berkembang ke usaha yang lebih maju.

Itulah 5 langkah BSI untuk mendukung UMKM di Indonesia naik kelas dan semakin maju. Semoga lebih banyak lagi usaha kecil yang bisa berkembang dan maju sehingga masyarakat Indonesia bisa lebih sejahtera.

Lia Yuliani

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT