Kemudahan Transaksi Digital di Bank Syariah Indonesia

ADVERTISEMENT

Kolom

Kemudahan Transaksi Digital di Bank Syariah Indonesia

Sandra Hamidah - detikNews
Sabtu, 31 Des 2022 17:30 WIB
BSI Mobile
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Assalamu'alaikum, good reader! Alhamdulillah ya sekarang kita sudah memasuki penghujung akhir tahun. Apa kabar resolusi tahun 2022 ini? Apakah sudah sesuai harapan? Jika belum, tenang insyaallah tahun 2023 nanti, Allah akan mempermudah jalan kita untuk meraih impian aamiin. Ngomongin akhir tahun, pasti kita juga mulai berhitung nih, pos keuangan dipakai untuk apa saja?

Kalau saya sudah pasti untuk biaya pendidikan karena anak sudah mulai masuk sekolah. Alhamdulillah masih diberikan keleluasaan dalam menabung dan bersedekah karena keluarga kami tidak memiliki utang, tidak ikut arisan dan tidak memiliki cicilan. Pemasukan bisa dialokasikan untuk biaya hidup, pendidikan anak dan tabungan hari tua. Prinsip kami sih selalu bersyukur dan merasa cukup. Salah satu cara menabung kami adalah menabung emas untuk mempertahankan nilainya dan deposito yang tentunya dipercayakan melalui bank syariah.

Saya bersyukur banget dulu kuliah mengambil jurusan manajemen bisnis karena di sana ada mata kuliah ekonomi dan perbankan syariah. Alhamdulillah cukup familiar dengan istilah perbankan syariah sehingga edukasi tentang menabung di bank syariah tertanam hingga berkeluarga seperti sekarang. Tentunya teman-teman tahu kan Bank Syariah Indonesia atau BSI yang merupakan bank hasil merger antara PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin merger tiga usaha bank syariah tersebut pada 27 Januari 2021.

Penggabungan ini tentunya akan menyatukan kelebihan dari ketiga bank syariah sehingga menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, serta memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Didukung sinergi dengan perusahaan induk (Mandiri, BNI, BRI) serta komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia didorong untuk dapat bersaing di tingkat global.

Sejak kuliah hingga sekarang, bank syariah semakin berkembang lewat inovasi produk, peningkatan layanan, serta pengembangan jaringan menunjukkan trend yang positif dari tahun ke tahun. Apalagi di era teknologi informasi yang super cepat, transformasi digital dalam perbankan syariah semakin gencar diterapkan. Misalnya di BSI ini sudah ada 17 layanan serba online atau digital banking seperti:

1. BSI OTO Melalui BSI Mobile

Pembiayaan BSI OTO merupakan Pembiayaan dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan kendaraan nasabah. Pembiayaan BSI OTO menggunakan Akad Murabahah dengan skema jual-beli sesuai syariah. Kemudah yang didapat adalah:

a. Angsuran ringan/kompetitif dan tetap

b. Kemudahan pembayaran dengan fasilitas autodebet tabungan BSI

c. Proses pembiayaan mudah dan cepat secara online

2. BSI Mobile

Solusi untuk kemudahan dalam bertransaksi, beribadah dan berbagi melalui beragam fitur dalam satu aplikasi. BSI Mobile menemani nasabah selama 24 jam dan membuat segalanya menjadi lebih seimbang secara finansial, spiritual dan sosial.

3. BSI Aisyah

Aisyah adalah Asisten Interaktif Bank Syariah Indonesia yang akan membantu memberikan informasi produk, layanan, dan promo terbaru dari Bank Syariah Indonesia.

4. Solusi Emas

Layanan kepemilikan emas melalui BSI Mobile dengan pembelian emas mulai dari Rp 50.000. Nasabah bisa beli, jual, transfer, serta tarik fisik emas dan gadai emas online dengan mudah dan aman tanpa perlu datang ke cabang.

5. BSI JadiBerkah.Id

Jadiberkah.id adalah platform crowdfunding untuk zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Berbagai pilihan program ziswaf dapat ditemukan di platform Jadiberkah.id.

6. BSI ATM CRM

BSI ATM CRM (Cash Recycle Machine) atau ATM Setor Tarik merupakan jenis ATM untuk melayani transaksi setor tunai, tarik tunai, transfer antar bank serta transaksi pembayaran atau pembelian bagi semua Nasabah Bank Syariah Indonesia.

7. BSI Merchant Business

EDC Bank Syariah Indonesia merupakan layanan yang disediakan Bank Syariah Indonesia kepada nasabah yang memiliki usaha untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran kartu ATM Debet kepada pelanggannya

8. BSI Cardless Withdrawal

Solusi praktis bagi Anda dalam melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu. Melalui BSI Mobile, tarik tunai tanpa kartu bisa dilakukan di seluruh ATM Bank Syariah Indonesia dan Indomaret.

9. BSI QRIS

Layanan Transaksi dengan scan kode QR Code yang menggunakan QR Code Indonesia Standard (QRIS) Bank Indonesia.

10. Buka Rekening Online

Layanan pembukaan rekening online melalui BSI Mobile adalah solusi untuk yang ingin membuka rekening dengan mudah tanpa harus datang ke cabang.

11. BSI Net

Transaksi bisnis kini lebih mudah melalui layanan BSI Net kapanpun dan dimanapun. Berbagai kemudahan bertransaksi seperti melakukan transfer secara massal dan monitoring transaksi bisa anda lakukan di BSI Net.

12. Mitraguna Online

Pembiayaan Mitraguna Online adalah layanan pembiayaan secara online yang dapat digunakan untuk ragam kebutuhan (Multiguna) yang halal, dengan sumber pembayaran dari gaji/pendapatan pegawai tetap (payroll melalui Bank Syariah Indonesia) dan tanpa menggunakan agunan.

13. BSI Debit Card

BSI Kartu Debit merupakan kartu ATM dari Bank Syariah Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM dan EDC di jaringan GPN dan Internasional (Visa).

14. BSI Debit OTP

BSI Debit OTP merupakan layanan transaksi berbasis kartu debit yang menggunakan kode OTP sebagai PIN dalam setiap penggunaan transaksinya.

15. Deposito Mobile

Mudahnya investasi dengan Deposito di BSI Mobile, kapanpun dan di manapun, tanpa perlu datang ke cabang.

16. Griya Hasanah Online

Pembiayaan BSI Griya Hasanah Online Top Up merupakan Pembiayaan dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), dalam bentuk penambahan pembiayaan dari pembiayaan eksisting BSI untuk tujuan konsumtif nasabah. Pembiayaan Griya Hasanah Online Top Up menggunakan Akad Refinancing Syariah dengan Skema Al-Bai' dalam rangka Musyarakah Mutanaqisah (MMQ).

17. E-mas BSI Mobile

Fitur e-mas (e-mas) merupakan produk layanan digital yang disediakan Bank Syariah Indonesia (selanjutnya disebut bank) di mana saldo kepemilikan emas milik nasabah berupa gram emas yang disimpan melalui/ menggunakan BSI Mobile.

Masyaallah ikut bangga dengan perkembangan BSI ini karena akan semakin mempermudah nasabah yang ingin bertransaksi. Selain bisa tarik tunai tanpa kartu di BSI Mobile, kini ada promo menarik jika nasabah melakukannya di gerai Alfamart karena sejak 25 Desember 2022 kemarin hingga 25 Januari 2023 bisa mendapatkan gratis teh botol 350 ml, lumayan banget kan?

Tunggu apalagi, yuk buka rekening online di Bank Syariah Indonesia sekarang! Caranya gampang banget kok, yang penting kamu harus punya KTP dan perangkat HP yang mendukung saat video call dengan pihak BSI. Sekian informasi tentang kemudahan transaksi digital di Bank Syariah Indonesia, semoga bermanfaat ya!


Sandra Hamidah, Blogger

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT