Permudah Mendapatkan Pahala dalam Genggaman

ADVERTISEMENT

Kolom

Permudah Mendapatkan Pahala dalam Genggaman

Dhani Ryansa - detikNews
Sabtu, 31 Des 2022 12:05 WIB
BSI Mobile
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kemajuan teknologi dan informasi di era digital telah merubah pola hidup kita termasuk di dunia perbankan. Tidak hanya bank konvensional, tetapi bank syariah juga terus beradaptasi dengan digitalisasi melalui inovasi-inovasi teknologi yang dilakukan. Bank syariah kini sudah bertransformasi dari pelayanan yang hanya melalui kantor cabang atau mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan kini beralih ke dunia maya atau daring.

Era digital memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi dengan lebih mudah. Butuh upaya yang cukup besar untuk dapat merubah pemikiran masyarakat ke arah digital, ditambah lagi dengan faktor daerah yang jauh dari perkotaan, latar belakang sosial, pendidikan dan lain sebagainya. Dalam beberapa tahun terakhir, pengadopsian ekonomi digital pun semakin berkembang. Keterbatasan masyarakat untuk berinteraksi secara fisik saat pandemi COVID-19 dinilai turut mempercepat pengadopsian ekonomi digital. Hal ini juga didukung oleh penyedia layanan perbankan syariah di Indonesia.

Digitalisasi yang dikembangkan oleh BSI atau Bank Syariah Indonesia sangat mendukung beragam kebutuhan di ekosistem halal dari hulu hingga hilir, Seperti mobile banking BSI atau kita kenal dengan BSI Mobile yang telah dikembangkan dengan fitur biometrik dimana memberikan kemudahan dan kenyaman bagi nasabah yang ingin membuka rekening. BSI melalui platform BSI Mobile terus mengembangkan fitur dan layanan digitalnya. inovasi dan strategi guna mempercepat akselerasi transaksi digital dengan mengusung sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual.

Sahabat Finansial, layanan yang dihadirkan BSI untuk memudahkan nasabah dalam mengatur keuangan. Apabila masyarakat mempunyai tujuan atau cita-cita berangkat haji, BSI dapat mengatur keuangan nasabah dengan produk tabungan haji yang memiliki berbagai keunggulan salah satu di antaranya ialah bebas biaya administrasi bulanan di mana kerap menjadi pertimbangan nasabah dalam melakukan pembukaan rekening dan autodebet yang langsung terpotong otomatis dari rekening penghasilan.

Selain itu BSI juga bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu memudahkan masyarakat yang ingin mendaftarkan haji. Dengan melihat semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang ingin berangkat haji. BSI juga memberikan layanan digital pada produk haji yaitu mulai dari pembukaan tabungan haji secara daring atau online melalui BSI Mobile lalu Pembayaran Setoran Awal Haji hingga Pelunasan Haji secara online. Semua itu dilakukan dari awal hingga akhir hanya dalam genggaman melalui BSI Mobile tanpa harus datang ke kantor cabang BSI.

Sahabat Spiritual, berbagai layanan islami yang terdapat dalam satu aplikasi. Fitur seperti waktu alat, lokasi masjid, arah kiblat yang dapat memudahkan masyarakat apabila bepergian tanpa harus kebingungan karena hanya dalam satu aplikasi. Selain itu, fitur Juz Amma yang sangat lengkap memudahkan nasabah untuk membacanya kapanpun dan dimanapun.

Sahabat Sosial, layanan berbagai dalam satu genggaman melalui BSI Mobile. Layanan digital BSI mendukung transaksi dan gaya hidup yang halal, serta menumbuhkan kesadaran dan minat masyarakat untuk berbagi kebaikan melalui ziswaf, membayar zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Supaya masyarakat terutama umat muslim Indonesia dapat menyalurkan zakatnya dengan mudah dan aman, BSI juga telah bekerja sama dengan berbagai lembaga amil zakat di Indonesia.

BSI juga telah melakukan digitalisasi ekosistem masjid dengan bekerja sama dengan DMI yang lebih dikenal dengan Dewan Masjid Indonesia. Di mana pemanfaatan BSI Net Banking sebagai media pengelolaan keuangan masjid. Adapun penggunaan QRIS untuk transaksi seperti zakat, infaq dan juga sedekah. QRIS ditempel di beberapa titik lokasi di dalam masjid yang mudah terlihat oleh jemaah. Nantinya, jemaah yang ingin mendapatkan pahala dapat langsung melakukan scan QR melalui aplikasi BSI Mobile.

Berbagai langkah strategis Bank Syariah Indonesia yang terus dikembangkan yakni melalui platform BSI Mobile yang diharapkan mampu menjadi channel literasi perbankan syariah yang menjangkau masyarakat hingga pelosok. BSI juga melakukan edukasi, serta sosialisasi kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kemanfaatan produk serta jasa perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia juga terus berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Hal ini dengan memperbanyak kerja sama antar stakeholder untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi nasional yang maju.

Dhani Ryansa

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT