ADVERTISEMENT

Kolom

Langkah IndiHome Bangun Ekosistem Digital untuk Berdayakan Masyarakat

Bambang Dwi Atmoko - detikNews
Jumat, 09 Sep 2022 22:32 WIB
Indihome
Foto: Indihome
Jakarta -

Berbicara mengenai konektivitas digital, maka tak lepas dari peran PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang memiliki layanan fixed broadband IndiHome. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital (digital telco) terdepan di Indonesia, Telkom terus membantu pemerataan serta peningkatan kualitas digitalisasi yang tengah terjadi.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, sejak 2019 hingga 2022 investasi APBN untuk pembangunan infrastruktur digital telah mencapai Rp 75 triliun.

Upaya membangun infrastruktur digital yang mumpuni dan merata tidak semata dilakukan pemerintah. Karena Telkom adalah perusahaan telekomunikasi BUMN, maka memperluas konektivitas agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi tanggung jawabnya.

Berperan sebagai agen pembangunan, salah satu tugasnya mewujudkan pemerataan akses internet dan keadilan digital dari Sabang sampai Merauke. Sektor fixed broadband adalah bisnis padat karya dan padat modal.

Butuh investasi yang tidak sedikit untuk menjalankan bisnis yang saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar manusia tersebut. Terlebih di negara kepulauan Indonesia, butuh komitmen yang kuat, terlebih dengan tugasnya sebagai BUMN, untuk menghadirkan pemerataan akses internet di Indonesia.

Dalam dua terakhir terutama sejak pandemi, IndiHome telah melakukan banyak inovasi dan layanan yang semakin mempermudah masyarakat untuk tetap beraktivitas tanpa batas dari rumah.

Selama ini, masyarakat hanya tahu IndiHome memiliki tiga layanan utama, yaitu Internet, Telepon, dan TV Interaktif. Padahal bukan hanya itu, IndiHome telah membentuk sebuah ekosistem layanan digital yang lengkap dan terintegrasi.

Ekosistem layanan digital dari IndiHome memudahkan masyarakat beraktivitas tanpa batas. Di antaranya seperti penyediaan jaringan rumah pintar berteknologi IoT IndiHome Smart.

Para pelajar bisa mengakses ke konten edukasi Pijar Belajar. Kemudian seru-seruan bernyanyi bersama seluruh anggota keluarga dengan layanan IndiHome Karaoke sampai konten hiburan dan musik seperti Langit Musik dan iKonser.

Suka bermain game? Memainkan beragam opsi game di TV jadi semakin mudah dengan opsi layanan cloud gaming dari GameQoo. Juga terdapat Cloud Storage for IndiHome, layanan penyimpanan data online untuk berbagai jenis gadget yang bisa digunakan kapan saja dengan akses internet.

Saat bepergian di luar rumah, bisa menikmati jaringan hotspot inovatif Wifi.id seamless. Tak kalah seru, bisa berbagi kuota internet mobile bersama anggota keluarga melalui layanan Smooa yang merupakan kolaborasi IndiHome dan Telkomsel.

Di sektor hiburan, IndiHome secara kontinyu melakukan penambahan konten melalui kerja sama strategis dengan penyedia konten streaming seperti Viu, Netflix, Disney+ Hotstar, Vidio, Catchplay, WeTv, Vision+, Lionsgate Play, HBO Go, dam kanal Neptune TV.

Bahkan mengembangkan IndiHome Cinema yang pengalaman menonton seperti di bioskop dengan menyaksikan berbagai tayangan film layar lebar melalui layar TV.

IndiHome memperbarui aplikasi myIndiHome dengan inovasi dan beragam fitur unggulan terbaru dengan menyediakan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan sehingga dapat dengan mudah dan cepat menambah serta mengatur layanan IndiHome hanya melalui smartphone-nya, di mana dan kapan saja. Satu aplikasi untuk semua transaksi pelanggan IndiHome.

Akselerasi Digital untuk Memberdayakan Masyarakat

Bukan hanya membangun ekosistem layanan digital, IndiHome sebagai internetnya Indonesia mendukung akselerasi digital di Indonesia. Dukungan tersebut dibuktikan bukan hanya dari aspek konektivitas saja, tapi juga pemberdayaan masyarakat.

IndiHome terlibat secara aktif mendukung empowering society melalui berbagai kegiatan di bidang pendidikan, social, seni dan sebagainya.

Di bidang seni, bersama iKonser, Metranet, dan Telkom Regional 5 mendukung perhelatan musik tahunan bergenre rock JogjaROCKarta 2022. Di sektor olahraga, talenta binaan IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA) terus menunjukkan kualitasnya dalam berbagai kejuaraan.

Bagi penggemar game, IndiHome menggelar LEAD National Series (LNS). Ini adalah sebuah turnamen eSports game Free Fire kelas nasional yang memperebutkan total hadiah mencapai Rp100 juta.

Di bidang literasi, IndiHome juga melibatkan ratusan komunitas pegiat literasi (narablog) hingga pegiat literasi dari penyandang disabilitas melalui program IndiHome Blogger Competition dengan total hadiah sebesar Rp170 juta.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, IndiHome pada 2021 mengalokasi dana senilai Rp 420 juta bagi masyarakat terdampak pandemi di sekitar wilayah kerja Telkom di seluruh Indonesia. Saat mudik Lebaran, IndiHome bersama Kementerian BUMN juga turut andil dalam penyediaan 10 bus dengan kuota peserta mudik sebanyak 450 orang.

Berbagai upaya pemberdayaan yang dilakukan IndiHome ini sejalan dengan misi Telkom. Sebagaimana ditegaskan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, saat peringatan 17 Agustus 2022 yang mengatakan berbagai produk serta layanan digital services, digital platform, dan digital connectivity dipersembahkan demi mewujudkan visi Telkom menjadi digital telco pilihan utama masyarakat.

Ia mengungkapkan, Telkom memiliki tiga misi untuk membantu perusahaan mewujudkan visi tersebut. Pertama, Telkom hendak mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomi, dan dapat diakses semua kalangan.

Kedua, mengembangkan talenta digital untuk mendorong kemampuan serta tingkat adopsi digital masyarakat. Ketiga, memimpin pembentukan ekosistem digital yang memberi pengalaman terbaik bagi pengguna.

Bambang Dwi Atmoko, Jurnalis, Penulis Buku, Co-founder & Chief Editor Gizmologi

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT