Kolom

55 Tahun Freeport Indonesia Bersinergi Membangun Negeri

Tony Wenas, - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 17:33 WIB
Tony Wenas
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menandai hari jadi yang ke-55, PT Freeport Indonesia (PTFI) menegaskan kembali komitmennya melalui tema yang diusung dalam peringatan hari ulang tahun PTFI, 'Dedikasi bagi Negeri'. Tema yang menyatukan tekad untuk memberikan yang terbaik bagi negeri dari 'Rumah Kita'.

Rumah yang dibangun dengan nilai-nilai Safety (Keselamatan), Integrity (Integritas), Commitment (Komitmen), Respect (Rasa Hormat), dan Excellence (Keunggulan) yang biasa disebut SINCERE. Nilai-nilai yang menjadi panduan karyawan untuk berperilaku dan selalu memberikan yang terbaik. Selama lebih dari 5 dasawarsa, PTFI melakukan kemitraan strategis bersama Pemerintah untuk mentransformasikan sumber daya menjadi kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Papua, kita mengambil peran dalam mendukung kemajuan masyarakat dalam berbagai aspek. Masih segar di ingatan kita, kesuksesan Papua menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON XX, tahun 2021 lalu. Dengan slogan "Torang Bisa", Papua berhasil memukau jutaan masyarakat Indonesia lewat ajang olahraga akbar tersebut.

Merupakan kehormatan besar bagi PTFI untuk dapat berkontribusi sebagai sponsor utama perhelatan PON XX Papua. Kebanggaan masyarakat Papua saat itu juga adalah kebanggaan kita semua di PTFI.

Tahun 2021 lalu, kita juga meresmikan proyek smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, hadir dan meresmikan langsung proyek tersebut.

Saat beroperasi nanti, smelter PTFI di JIIPE akan menjadi Single Line Smelter terbesar di dunia. Keberadaan smelter tembaga baru ini akan turut mendukung program hilirisasi industri di Indonesia.

Di sisi kegiatan penambangan, saat ini kita mengoperasikan tambang bawah tanah terbesar di dunia, di tengah kondisi alam yang menantang. Dan untuk memastikan aktivitas berjalan dengan aman dan produktif, kita menerapkan teknologi mutakhir dalam pengoperasian tambang. Kita semua patut berbangga, bahwa tambang kelas dunia ini dikelola oleh putra-putri terbaik bangsa, yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara.

Dari tambang bawah tanah ini, PTFI memproduksi tembaga, logam masa depan yang memiliki peran penting bagi kehidupan di masa kini dan masa depan. Untuk dunia ini dapat bergerak maju dalam pengembangan energi hijau yang ramah lingkungan, tembaga akan sangat diperlukan.

PTFI adalah Rumah Kita

Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan apresiasi kepada semua rekan- rekan Freeporters, yang telah menunjukkan dedikasinya terutama selama pandemi COVID-19. Berkat kerja keras Anda semua, perusahaan kita dapat mempertahankan kinerja yang baik, dengan tetap mengutamakan aspek kesehatan para karyawan.

Saya tidak jemu-jemu mengingatkan, agar kita selalu mematuhi protokol kesehatan dan mengutamakan keselamatan dalam bekerja. Karena bagi perusahaan, tidak ada hal yang lebih penting daripada keselamatan dan kesehatan para karyawan.

Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

(akn/ega)