Beli Sekarang Bayar Nanti, Siapa Untung?

ADVERTISEMENT

Kolom

Beli Sekarang Bayar Nanti, Siapa Untung?

Atikah Filzah - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 14:35 WIB
Gopay Paylater
Foto ilustrasi: dok. Gojek
Jakarta -
Dari waktu ke waktu tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi akan berkembang dengan sangat pesat. Bahkan bisa saja di luar dugaan Anda selama ini. Teknologi yang berkembang pesat ini membuat beberapa sektor mengalami perubahan seperti faktor ekonomi. Jika dahulu berbelanja hanya dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat perbelanjaan, kini berbelanja dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan.

Berbagai marketplace bermunculan. Maraknya kemunculan marketplace ini menuntut inovasi dan gebrakan baru untuk menarik peminat dari pembeli. Kondisi pandemi juga membuat marketplace kini menawarkan berbagai pilihan barang dagangan seperti kebutuhan sehari-hari, pakaian, bahkan kebutuhan untuk memasak. Kini marketplace juga menawarkan makanan yang dapat diantar ke tempat Anda. Inovasi ini membuat pelanggan merasa sangat dimanjakan --dengan fitur-fitur dan kelebihan serta pembaharuan yang ditawarkan.

Melihat potensi ke depannya yang makin luas serta pembeli yang meningkat, marketplace menawarkan berbagai potongan harga mulai dari voucher, diskon, hingga jasa antar paket sendiri, bahkan memberikan pilihan kepada pengguna untuk menggunakan fitur peminjaman online. Uniknya peminjaman yang ditawarkan bukanlah diberikan dalam bentuk uang tunai, tetapi di dalam bentuk uang elektronik untuk digunakan berbelanja di marketplace tertentu. Inovasi menguntungkan yang sangat menarik.

Banyak hal yang masih harus ditelusuri. Beberapa konsumen merasa peminjaman marketplace ini adalah hal yang menguntungkan untuk mereka. Namun dilihat dari sisi lain hal ini menjadi gerbang untuk berutang. Jadi sebenarnya inovasi ini menguntungkan marketplace atau pengguna?

Antusias Meningkat

Walaupun baru saja diperkenalkan pada 2018, dapat terlihat antusiasme dari pengguna paylater meningkat. Bahkan inovasi ini menjamur ke beberapa marketplace. Sebagai pengguna Anda haruslah bijak dalam mengambil keputusan dan dalam berbelanja. Menggunakan paylater merupakan keputusan yang menguntungkan jika digunakan secara tepat, tetapi pengguna juga dapat mengalami kerugian akibat paylater.

Maraknya marketplace yang memunculkan inovasi paylater membuat mereka berlomba-lomba dengan memberikan diskon hingga potongan jika menggunakan paylater. Tidak hanya itu, mereka juga mengiming-imingkan potongan bunga. Potongan ini dapat dimanfaatkan pengguna dengan sewajarnya. Pengguna dapat membandingkan diskon dan potongan bunga yang diberikan oleh satu marketplace dengan marketplace yang lain.

Kemudahan berbelanja juga menjadi penyebab utama pengguna gemar menggunakan paylater. Kini pembeli tidak harus menunggu awal bulan atau tanggal gajian untuk berbelanja. Bahkan paylater dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga seperti token listrik, pulsa, paket data hingga tiket liburan, dan dapat digunakan kapan saja di mana saja. Pembayaran paylater juga dapat dilakukan secara online dan offline, dan dapat dilakukan di minimarket mana pun. Tentu saja fitur dan kemudahan yang diberikan sangat memanjakan penggunanya.

Proses pendaftaran yang mudah, seperti hanya dengan memasukkan beberapa identitas, Anda sudah dapat melakukan pinjaman. Berbeda dengan peminjaman di bank maupun menggunakan kartu kredit yang memerlukan syarat pendaftaran yang lebih sulit. Pendaftaran dapat dilakukan dengan hanya menggunakan ponsel pintar dan pengajuan akan diterima dalam beberapa hari bahkan dalam hitungan jam. Kemudahan ini yang menjadi pilihan para milenial dan golongan lainnya karena memiliki fitur kepraktisan yang tinggi.

Selain itu paylater juga didukung oleh kemudahan pemilihan cicilan atau tenor. Anda dapat memilih untuk melakukan besaran cicilan sesuai dengan keinginan dan jangka cicilan juga dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan dari peminjam. Waktu pelunasan yang panjang hingga 12 bulan juga menjadi salah satu kelebihan dari paylater. Bahkan di beberapa marketplace Anda tidak perlu membayar bunga cicilan jika paylater yang diajukan kurang dari tiga bulan.

Paylater juga menawarkan limit yang tinggi untuk berbelanja. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk membeli sesuatu yang memiliki harga yang tinggi seperti perabotan rumah tangga. Hal ini akan menguntungkan dengan jangka waktu cicilan yang ditawarkan dapat disesuaikan dengan kantong pembeli. Semakin banyak pelunasan dari paylater, limit dari peminjaman akan meningkat. Namun pastikan Anda menjadi pengguna yang bijak dengan selalu membayar tepat waktu atau bahkan sebelum waktu tenggat.

Memulai Utang

Namun perlu diingat dari beberapa kelebihan dari inovasi paylater yang telah disebutkan sebelumnya tentu saja ada beberapa keburukan atau sisi negatif yang dapat ditimbulkan seperti menimbulkan gaya konsumtif yang tinggi. Kemudahan paylater yang membuat peminjam dapat membeli apapun kapan pun di mana pun membuat mereka menjadi boros dan konsumtif bahkan membeli barang barang yang bukan bagian dari kebutuhan primer maupun sekunder.

Jika Anda sudah menggunakan paylater dan membayar tepat waktu bahkan paylater akan menawarkan saldo atau limit yang lebih tinggi. Hal ini tentunya menggiurkan. Tetapi perlu diingat berbelanja secara konsumtif dan boros hanya akan merugikan Anda.

Selain itu, budaya meminjam akan menjadi hal yang lumrah dengan adanya inovasi paylater ini. Pengajuan yang mudah dan tidak perlu memberikan jaminan apapun membuat peminjam terlena dan merasa nyaman dengan berutang. Sekalinya Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mudah, Anda berpotensi untuk melakukannya lagi dan lagi. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa paylater merupakan gerbang untuk memulai utang.

Terlena

Keamanan dari data pengguna paylater dari hari ke hari tentunya akan menjadi semakin terpadu. Namun tidak dapat dipungkiri kemungkinan terjadinya kebocoran data tetap bisa saja terjadi. Melakukan pendaftaran paylater menggunakan identitas diri dapat menyebabkan identitas Anda mengalami kebocoran. Melihat dari beberapa kasus etika dalam menjaga privasi dan data dari pengguna marketplace, beberapa marketplace mempunyai sejarah buruk dalam kasus kebocoran data penggunanya.

Hal ini membuktikan bahkan data yang Anda berikan dapat saja terjadi kebocoran atau disalahgunakan oleh pihak marketplace. Anda haruslah berhati-hati dalam memberikan informasi mengenai data pribadi.

Paylater menawarkan segala fitur yang memberikan kenyamanan, kemudahan, dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Namun perlu diingat hal ini juga memiliki beberapa ancaman seperti dapat menyebabkan membengkaknya saldo utang Anda. Bunga yang ditawarkan paylater cukup tinggi mengingat kemudahan yang ditawarkan juga memanjakan penggunanya. Bunga ini juga dapat dikatakan sebagai biaya atas kemudahan tersebut. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater Anda haruslah memikirkan secara bijak.

Inovasi dari sebuah teknologi pastinya memberikan kemudahan kepada penggunanya. Inovasi-inovasi ini akan terus bermunculan. Melihat merambatnya pertumbuhan marketplace juga membuat peminjaman berbasis marketplace kini berebut untuk melakukan inovasi. Tentunya hal-hal ini juga mengundang marabahaya bagi penggunanya. Pengguna yang terlena akan inovasi paylater ini hanya akan membuatnya terjerat utang.

Inovasi haruslah digunakan secara bijak dan disesuaikan dengan kebutuhan. Mengutip dari Forbes, menurut penelitian yang dilakukan, dua dari tiga pengguna paylater menggunakan paylater untuk membeli sesuatu yang menjadi keinginan yang mungkin mereka tidak butuhkan. Inovasi paylater haruslah dimanfaatkan secara baik terlebih lagi ketika pandemi ini.

Pembelian secara online dapat menjadi solusi untuk berbelanja tanpa perlu keluar dari rumah. Kondisi pandemi seperti ini juga menyebabkan banyak orang mengalami kesulitan ekonomi sehingga membuat mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Paylater dapat menjadi jawaban bagi permasalahan itu.

(mmu/mmu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT