Kolom

Memaknai Harbolnas 11.11: Cara DANA Jaga Tradisi, Tak Sekadar Promosi

Monita Moerdani - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 16:51 WIB
Ilustrasi DANA
Foto: Ilustrasi DANA
Jakarta -

Penghujung tahun 2021, khususnya November, kini makin identik dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang jatuh di setiap tanggal 11 November. Momentumnya tidak hanya dinantikan, tetapi mampu menggali berbagai fenomena menarik seputar tren pemasaran dan persiapan pelaku industri hingga karakteristik konsumen masa kini.

Imbasnya pun makin luas. Momentum 11.11 jadi agenda tahunan yang dapat menguatkan pelaku usaha di berbagai skala hingga menggerakkan roda perekonomian bangsa.

Meskipun bukan fenomena baru, momentum 11.11 tetap ditunggu-tunggu. Pelaku industri dari kecil hingga besar terus berlomba-lomba membawa kampanye dan penawaran paling memikat, tentunya dengan strategi pemasaran yang tepat. Apalagi, pandemi ikut mengakibatkan perubahan pola perilaku konsumen yang kini makin akrab dengan berbagai platform digital.

Digitalisasi hampir selalu dirasakan di berbagai tingkat, mulai dari bekerja, belanja, hingga belajar. Dengan dinamika situasi yang tidak menentu, konsumen ikut terdorong untuk menggali kreativitas dan produktivitas dalam kesehariannya menggunakan platform digital. Misalnya, memperkaya potensi diri lewat belajar daring, melakukan monetisasi kreativitas yang dimilikinya, sampai menelusuri hiburan daring seperti game dan acara musik yang sudah mengadopsi pemanfaatan digital.

Dalam kondisi ini, waktunya setiap pelaku industri agar selalu adaptif merespon dan menghadapi perubahan pola perilaku konsumen. Caranya, setiap pelaku industri dapat menggunakan berbagai contoh kebutuhan dan aktivitas yang bisa diatasi dengan produk daring dan senantiasa mengidentifikasi peluang-peluang yang diarahkan kepada produknya.

Peluang juga dapat diperoleh dengan menjaga relevansi antara pelaku industri dan konsumen. Di tengah pandemi, pelaku industri perlu mengolah pesan yang disampaikan dengan baik dan memposisikan diri sebagai solusi. Meski demikian, mengandalkan perspektif dan pesan komunikasi saja tidak cukup, karena setiap pelaku industri juga harus memperlihatkan layanan, produk, hingga inisiatifnya yang terbukti nyata dapat membuat kehidupan konsumen selama dan pascapandemi menjadi lebih mudah.

Inilah yang dilakukan DANA dalam menanggapi digitalisasi yang terus berevolusi, khususnya penetrasi keuangan digital. Kami turut memaksimalkan momentum 11.11 ini dengan mengambil bagian dalam meningkatkan literasi keuangan lebih lanjut dengan edukasi berkelanjutan.

Bagi DANA, momentum 11.11 tidak sekadar kami implementasikan sebagai festival belanja tahunan yang paling ditunggu. Sebaliknya, kami memposisikan momentum 11.11 untuk berbagai hal yang lebih esensial dan fundamental, mulai dari mendalami pola perilaku konsumen-dalam hal ini pengguna-menelusuri minat dan kebutuhan pelaku industri agar nantinya keterikatan dengan pengguna makin mendalam, menstimulasi hadirnya kolaborasi-kolaborasi baru yang mampu memberdayakan potensi antar ekosistem, hingga mengakselerasi literasi dan keuangan digital masyarakat.

Pasalnya, sebagai penyedia dompet digital yang senantiasa berpartisipasi di momentum 11.11, DANA sadar betul bahwa partisipasi pelaku industri dalam momentum tahunan ini makin marak. Di saat yang bersamaan, momentum 11.11 juga menghadirkan tantangan baru yang patut dipersiapkan oleh setiap pelaku industri dengan cara bersaing sehat. Persaingan yang diharapkan tidak lagi berpusat pada adu biaya pemasaran, melainkan pencarian cara baru dan kreatif yang mampu menarik atensi dan melibatkan konsumen.

Oleh karena itu, DANA selalu mengemas momentum 11.11 dengan mengandalkan berbagai aktivasi interaksi online, melalui program kompetitif yang berkolaborasi dengan semua mitra kami untuk memberikan pengalaman dan penawaran terbaik bagi pengguna.

Pada momentum 11.11 tahun ini, DANA telah mempersiapkan beberapa taktik baru untuk melibatkan konsumen selama periode kampanye, tidak hanya di acara puncak yaitu tanggal 11 November 2021, namun dimulai dari tanggal 1 November 2021. Tujuannya, kami ingin memicu konsumen untuk mengeksplorasi dan mencoba berbagai layanan yang dapat ditawarkan DANA dalam rentang periode kampanye yang diselenggarakan nantinya. Fitur interaktif juga akan dihadirkan agar momentum 11.11 pengguna tahun ini kian seru dan disemarakkan dengan hadiah eksklusif yang sayang untuk dilewatkan.

Upaya DANA pun tidak lantas berhenti usai berakhirnya momentum 11.11. DANA secara konsisten akan terus mengedukasi pengguna baru dan lama kami tentang berbagai solusi yang dapat ditawarkan DANA untuk menjadikan hidup mereka #BebasDrama.

Satu hal yang kami pelajari dari 2020 dan 2021 adalah tidak ada yang pasti. Penting untuk selalu siap menghadapi perubahan, tetap gesit, dan merancang strategi sedemikian rupa sehingga pelaku industri dapat dengan cepat merespons setiap perubahan pasar. DANA pun siap mengoptimalkan semua sumber daya kami dan memberikan solusi keuangan yang dibutuhkan dan diinginkan pengguna ketika pasar kembali normal. Sebab, menyiapkan diri agar prima beradaptasi adalah cara paling efektif untuk mempersiapkan tahun-tahun mendatang.

Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA

(fhs/ega)