Kolom

Berbunga-Bunga di Taman Bunga Nusantara

Ari Budiyanti - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 15:05 WIB
taman bunga nusantara
Taman Bunga Nusantara di Cianjur (Foto: Ronasekarrr/d'Traveler)
Jakarta -

Waktu pertama kali tahu keberadaan Taman Bunga Nusantara, hati saya sangat berbunga-bunga. Meskipun waktu itu hanya bisa menikmati foto-foto yang ditunjukkan oleh teman saya, rasanya cukup puas. Sebagai seorang pencinta bunga, Taman Bunga Nusantara seperti surga bagi pencinta bunga seperti saya. Saya sungguh berharap bisa mengunjunginya meski hanya sekali.

Benar, kesempatan itu datang pada saya. Dalam sebuah acara kebersamaan para guru di area Kelapa Dua, Tangerang, Jawa Barat yang di adakan di Taman Bunga Nusantara, saya pun ikut mewakili sekolah tempat saya mengajar. Luar biasa indahnya kesempatan itu.

Lokasi Taman Bunga Nusantara ada di Jalan Mariwati Kilometer 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Saya dan rekan-rekan guru naik bus pariwisata menuju lokasi tersebut.

Saya langsung jatuh cinta begitu tiba di taman bunga itu. Bagaimana tidak, ada banyak sekali taman bunga di dalam taman bunga. Tentu saja aneka bunganya pun mempercantik tempat wisata tersebut. Bila mengunjunginya bersama keluarga, Anda bisa menikmati kebersamaan sekaligus pemandangan alam yang asri.

Saya mengunjungi beberapa taman yang ada di dalam Taman Bunga Nusantara. Salah satunya adalah Taman Dahlia. Saya melihat ada berbagai macam tanaman bunga Dahlia di situ. Mulai dari dahlia warna merah, putih, ungu, dan lain-lain. Tentunya sangat indah melihat bunga-bunga itu mekar bersama-sama. Tinggi tanaman dahlia juga bisa mencapai tinggi orang dewasa. Di Taman Dahlia terdapat pula Saung Dahlia.

Bersebelahan dengan Taman Bunga Dahlia, ada Taman Bunga Amerika. Di sini ada berbagai jenis tanaman bunga khas dari Amerika. Ada bunga krisan kecil atau biasa disebut bunga aster, beberapa tanaman lavender ungu, bunga Hydrangea, Hibiscus, dan berbagai tanaman bunga khas Amerika lainnya.

Di sisi lain dari Taman Amerika terdapat Taman Mawar. Terdapat aneka jenis bunga mawar ditanam di sini. Mulai dari bunga mawar merah, mawar bercorak, mawar pink, mawar putih, dan lain-lain. Semerbak aroma bunga mawar sangat tercium saat mereka mekar bersamaan. Terlebih lagi ketika ada angin bertiup. Aroma harum bunga mawar terbawa ke indra penciuman para pengunjung dengan lebih tajam.

Di bagian seberang taman mawar ada tanaman bunga khas Brazil. Semoga saya tidak salah ingat nama tamannya. Bagian area ini ditanami dengan begitu banyak bunga marigold baik yang berwarna kuning emas maupun oranye. Nampak cerah sekali semua bunga yang ditanam rapi berlarik-larik seperti di Taman Bunga Keukenhof Belanda.

Di sisi lain taman bunga ada juga aneka bunga yang ditanam dengan bentuk hewan-hewan cantik seperti burung merak maupun dinosaurus. Selain itu, ada juga aneka bunga lainnya yang ditanam beraturan. Beberapa tanaman bunga yang sempat saya lihat antara lain anggrek, begonia, celosia, dan aneka bunga lainnya yang saya tidak bisa sebutkan nama.

Bagian menarik lainnya adalah air mancur besar. Air mancur ini juga dikelilingi bangku untuk duduk-duduk bersantai. Sambil menikmati percikan air, tentu terasa nyaman dan indah bersama orang-orang yang Anda kasihi.

Tak jauh dari air mancur terdapat labirin yang terbuat dari tanaman perdu. Tinggi tanaman yang menyusun labirin ini setinggi orang dewasa. Anda yang suka berpetualang mencari jalan keluar, bisa mencoba masuk ke dalam labirin ini.

Di sisi lain area Taman Bunga Nusantara ada sebuah danau yang cukup lebar. Di sana terdapat patung wajah yang besar, cukup menarik menghiasi danau tersebut. Bahkan sudah ada wahana-wahana permainan untuk anak-anak di dalam Taman Bunga Nusantara. Jadi jika Anda membawa anak kecil, tidak perlu khawatir anak merasa bosan. Mereka bisa bermain di sini.

Di bagian dekat pintu masuk dan keluar Taman Bunga Nusantara terdapat toko suvenir. Anda bisa membeli barang-barang kenang-kenangan di sini. Bagi pencinta tanaman yang ingin membeli bibit bunga dalam bentuk biji, ada juga dijual di toko suvenir ini. Tapi bila Anda ingin membeli bibit bunga berupa tanaman kecil, bisa Anda temukan di bagian depan Taman Bunga Nusantara.

Luasnya taman bunga ini memang layak dinikmati berkeliling dengan berjalan kaki. Namun bila Anda mengajak keluarga yang sudah lanjut usia atau anak-anak yang masih sangat kecil, mungkin mereka tidak cukup kuat mengitari semua bagian taman. Anda tidak perlu cemas; ada fasilitas kereta yang bisa mengantar Anda mengelilingi taman bunga. Seru, bukan? Loket kereta taman bunga tidak jauh dari pintu masuk. Anda harus membeli tiketnya terlebih dahulu.

Taman Bunga Nusantara ini bisa juga dijadikan tempat pembelajaran siswa. Banyaknya jenis tanaman bunga bisa dijadikan objek penelitian anak-anak SMA mengenai keanekaragaman hayati. Bahkan dalam kunjungan saya, sempat saya lihat beberapa siswa SMA yang sedang mengerjakan tugas di sana.

Pesona Taman Bunga Nusantara sungguh memikat hati saya sejak pandangan pertama. Sungguh tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk Anda dan keluarga besar. Taman Bunga Nusantara, suatu tempat yang seperti surga bagi para pencinta bunga.

(mmu/mmu)