Kolom

Pesan Tahun Baru 2020 Presiden Xi Jinping

Xi Jinping - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 22:07 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kawan-kawan, sahabat-sahabat, para Ibu dan Bapak sekalian, tahun 2020 akan segera tiba. Di Beijing Ibu Kota Tiongkok, saya menyampaikan salam sejahtera dan ucapan Selamat Tahun Baru!

Sepanjang tahun 2019, kami bekerja keras dan maju terus secara mantap. Perkembangan bermutu tinggi dilakukan secara kontinu. Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat hampir 100 triliun yuan (renminbi/RMB) dan pendapatan perkapita mencapai 10 ribu dolar AS. Tiga kampanye besar-besaran telah mencapai kemajuan signifikan. Perkembangan selaras Beijing-Tianjin-Hebei, perkembangan Sabuk Ekonomi Sungai Yangtze, pembangunan Kawasan Teluk Raya Guangdong-Hong Kong-Makau serta perkembangan integrasi Kawasan Delta Sungai Yangtze sudah memasuki jalur cepat. Pelestarian ekosistem daerah aliran Sungai Kuning serta perkembangan bermutu tinggi telah tercantum dalam strategi pembangunan tingkat nasional.

Di tahun ini sebanyak 340 kabupaten dengan 10 juta penduduk miskin dinyatakan terlepas dari kemiskinan. Wahana antariksa Chang'e 4 berhasil mendaratkan alat penjelajah di sisi gelap bulan, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah manusia. Roket pembawa Long March-5 berhasil diluncurkan. Kapal pemecah es Xuelong-2 melakukan pelayaran perdananya ke Kutub Selatan. Jaringan Navigasi Beidou memasuki tahap pembangunan terakhir. Komersialisasi penerapan teknologi telekomunikasi 5G terus digiatkan. Pengoperasian Bandar Udara Internasional Daxing Beijing sudah diresmikan. Semua itu adalah hasil jerih payah para pejuang di era baru. Hasil-hasil itu telah memperlihatkan citra Tiongkok sekaligus kekuatan Tiongkok.

Selama satu tahun ini, reformasi dan keterbukaan terus memicu daya hidup yang baru dalam pembangunan negara. Reformasi kelembagaan Partai dan negara sudah dirampungkan secara sukses. Sejumlah zona uji coba perdagangan bebas serta zona baru Kawasan Uji Coba Perdagangan Bebas Shanghai telah diberlakukan. Papan Inovasi Teknologi bursa saham diluncurkan dan dikembangkan secara mulus. Volume total peringanan beban pajak dan iuran sebesar 2 triliun yuan RMB. Ambang minimum pendapatan yang terkena pajak perorangan dinaikkan. Banyak obat-obatan yang telah diturunkan harganya. Kecepatan akses internet ditingkatkan dan tarifnya diturunkan. Pemilahan sampah di tingkat rumah tangga sudah semakin menjadi tren baru dalam gaya hidup rendah karbon. Tahun 2019 adalah tahun peringanan beban bagi para kader basis sehingga mereka bisa memfokuskan tenaganya dalam tugas utama. Melepaskan pandangan sejauh-jauhnya, sehingga terlihat perubahan dan tren baru yang terjadi di mana-mana.

Selama satu tahun ini, reformasi pertahanan nasional dan militer terus dimajukan secara mantap, di mana tentara rakyat telah memperlihatkan wajahnya yang baru sebagai tentara perkasa pada era baru. Sepanjang tahun 2019 telah dilakukan parade akbar militer perayaan HUT ke-70 Republik Rakyat Tiongkok, kegiatan perayaan hari jadi ke-70 Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta Pekan Olahraga Militer Dunia ke-7. Kapal induk buatan pertama Tiongkok sudah diluncurkan dan ditugaskan. Tentara Pembebasan Rakyat selamanya adalah Tembok Besar besi baja yang membela tanah air. Marilah kita memberikan penghormatan kepada mereka yang secara loyal membela kampung halaman kita!

Pada tahun 2019, salah satu peristiwa yang tak terlupakan adalah perayaan HUT ke-70 Republik Rakyat Tiongkok. Kami bergembira atas hasil-hasil cemerlang yang tercapai selama 70 tahun ini, terkesan dan kagum atas jiwa patriotisme masyarakat yang berkobar. Formasi militer yang gagah dan parade massal yang semarak telah menjadikan Lapangan Tiananmen lautan kegembiraan. Dari utara sampai selatan, seluruh negeri berada dalam suasana perayaan. Keceriaan dan senyum bangga tampak di setiap wajah. Alunan irama lagu 'Saya dan Tanah Airku' berkumandang di setiap jalan dan lorong. Kami terharu atas jiwa patriotisme yang dicurahkan masyarakat. Patriotisme itulah yang menjadi semangat bangsa Tionghoa. Semua ini ikut membentuk kekuatan yang menyanjung Tiongkok baru dan perjuangan di era baru, sehingga telah menambah kekuatan yang tak terhingga.

Selama satu tahun ini, saya telah berkunjung ke banyak daerah. Lembaran pembangunan Zona Baru Xiong'an telah terbuka, pelabuhan Tianjin berkembang pesat, pusat administrasi baru kota Beijing berwajah dinamis, padang rumput Mongolia Dalam menghidangkan pemandangan indah permai, Koridor Hexi yang bersejarah ribuan tahun sudah memperlihatkan daya hidup yang baru, Sungai Kuning yang berliku-liku menampakkan pemandangan yang megah, di kedua tepi Sungai Huangpu terpantau kemakmuran dan kecemerlangan. Suasana makmur dan sejahtera terlihat di mana-mana di berbagai sudut tanah air. Saya teringat pada cita-cita awal saat menelusuri perjalanan revolusi Tiongkok. Pikiran saya melayang-layang ke masa lampau di setiap tempat yang saya kunjungi, dari Yudu, di mana Tentara Merah memulai perjalanannya sampai Museum Revolusi Ibu Kota Daerah Pembebasan Hubei-Henan-Anhui di kabupaten Xinxian, Provinsi Henan; dari tugu Monumen Tentara Xilujun di Gaotai, Provinsi Gansu sampai Gedung Peringatan Revolusi Xiangshan, Beijing. Cita-cita awal dan misi selalu menjadi tenaga tak terhingga dan abadi bagi kami untuk menempuh perjalanan di era baru.

Seperti di waktu yang sudah-sudah, tak peduli betapa sibuknya, saya tetap menyempatkan diri untuk mengunjungi masyarakat, melihat-lihat dan bercakap-cakap dengan para penduduk. Suara hati mereka selalu ada di lubuk hatiku. Kelompok masyarakat yang mengirim surat kepada saya, antara lain, penduduk etnis Dulong di Gongshan, Provinsi Yunnan, para penduduk dari kecamatan Xiadang, kabupaten Ningshou, Provinsi Fujian, segenap anggota 'Regu Wang Jie' Tentara Pembebasan Rakyat, para mahasiswa pasca sarjana kelas juara Universitas Olahraga Beijing serta para sahabat kecil dan sukarelawan lanjut usia di Makau. Dalam surat balasan saya memuji prestasi-prestasi yang dicapai mereka, dan telah mengucapkan harapan terbaik saya kepada mereka.

Selama satu tahun ini telah terjadi banyak hal yang mengharukan. Zhang Fuqing yang selalu ingat pada cita-cita awalnya dan merahasiakan jasanya, Huang Wenxiu yang mengorbankan jiwanya demi usaha pengentasan kemiskinan, 31 pahlawan yang gugur dalam aksi pemadaman kebakaran di Muli, Provinsi Sichuan, Du Fuguo, seorang prajurit yang berjibaku melindungi keselamatan rekannya, tim bola voli putri Tiongkok yang menjuarai dunia dengan 11 kemenangan berturut-turut. Terlalu banyak pahlawan yang rela mengorbankan segala sesuatunya kepada tanah air. Dengan identitasnya yang biasa mereka telah melakukan hal-hal yang luar biasa.

Sepanjang tahun 2019, Tiongkok terus memeluk dunia dengan merentangkan lengannya. Kami menyelenggarakan Forum KTT Kerja Sama Internasional Sabuk dan Jalan ke-2, Ekspo Hortikultura Dunia Beijing, Konferensi Dialog Peradaban Asia dan Ekspo Impor Internasional Tiongkok (CIIE). Melalui ajang-ajang tersebut kami telah memperlihatkan kepada dunia citra Tiongkok sebagai negara yang beradab, terbuka dan inklusif. Saya telah melakukan pertemuan dengan banyak kepala pemerintah dan negara untuk berbagi prakarsa Tiongkok, sehingga telah meningkatkan persahabatan dan kesepahaman bersama antara satu sama lain. Beberapa negara baru telah menjalin hubungan diplomatik dengan Tiongkok. Hingga saat ini, terdapat 180 negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Tiongkok. Sahabat kami tersebar di seluruh dunia!
Tahun 2020 akan menjadi tahun yang bersifat monumental. Kami akan secara menyeluruh merampungkan target masyarakat sejahtera serta mewujudkan Target Seratus Tahun yang pertama. Tahun 2020 juga adalah tahun yang akan menyaksikan kemenangan kami dalam penanggulangan kemiskinan. Terompet panggilan sudah dibunyikan. Mari kita bekerja keras dan maju terus pantang mundur untuk memenangkan kampanye pengentasan kemiskinan dan mewujudkan target pelepasan kemiskinan bagi semua penduduk di semua kabupaten pedesaan miskin menurut standar yang berlaku saat ini.

Beberapa hari yang lalu, saya menghadiri perayaan HUT ke-20 kembalinya Makau ke pangkuan tanah air. Saya merasa bangga atas kemakmuran dan kestabilan Makau. Praktek sukses di Makau menyatakan bahwa 'satu negara dua sistem' sepenuhnya berlaku dan disambut secara merata oleh masyarakat. Situasi Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir terus diperhatikan masyarakat. Tanpa adanya lingkungan yang harmonis dan stabil, mustahil untuk membangun kampung halaman yang makmur dan sejahtera. Dengan tulus hati kami memberikan harapan terbaik kepada Hong Kong beserta saudara-saudara setanah air di Hong Kong. Kemakmuran dan kestabilan Hong Kong adalah keinginan saudara-saudara setanah air Hong Kong, sekaligus harapan rakyat setanah air.

Sungai sejarah mengalir tak berhenti, terkadang dengan air yang tenang, dan terkadang dengan gelombang yang mengamuk dan mengganas. Kami tidak gentar terhadap segala kesulitan dan tantangan. Tiongkok akan dengan teguh tak tergoyahkan menempuh jalan pembangunan yang damai, dengan teguh membela perdamaian dunia dan mendorong perkembangan bersama.

Kami akan bergandengan tangan dengan rakyat berbagai negara di dunia, bersama-sama membangun Sabuk dan Jalan, mendorong pembentukan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia, dan berupaya keras demi terciptanya masa depan manusia yang cerah.

Pada saat ini, masih banyak pekerja yang bertahan di pos tugasnya masing-masing. Banyak lagi yang tengah bertugas menjaga keamanan kita. Banyak orang yang masih bekerja dengan rajin. Kepada mereka saya ucapkan terima kasih!

Mari kita terus berjuang tanpa menyia-nyiakan waktu, dan bersama-sama menyongsong tibanya tahun 2020.

Selamat Tahun Baru!

Xi Jinping Presiden Tiongkok (ads/ads)