DetikNews
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Jumat 01 Februari 2019, 08:00 WIB

News is Detik, Detik is News

Alfito Deannova Ginting - detikNews
News is Detik, Detik is News Alfito Deannova Ginting
Jakarta - Kami memulai lembaran baru ini dengan meneguhkan kembali komitmen untuk menjadi yang terdepan dalam menyampaikan berita dan informasi kepada publik, satu-satunya alasan mengapa ratusan awak kami bekerja setiap detiknya. Hanya kepada publiklah pengabdian, loyalitas dan keberpihakan kami dedikasikan. Tentu kami tidak dalam posisi dan tidak akan pernah berpretensi memuaskan semua pihak. Persepsi akhir atas output berita sangatlah relatif berdasarkan subjektifitas individu atau kelompok. Yang pasti detikcom akan melaksanakan kerja secara profesional beradasarkan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Jurnalisme profesional adalah sandaran kami. Semangat good journalism membuat kami tunduk pada kepentingan yang lebih besar, yakni bangsa dan negara. Atas kesadaran itu, kami memilih berupaya sebaik-baiknya melaksanakan harapan kebanyakan masyarakat Indonesia, agar pers tetap berada di tengah dan tidak berpihak atas alasan apapun selain kepada mereka, seperti sejatinya jurnalisme yang terlahir untuk memastikan harus tetap ada di antara awam yang 'menjaga' saluran aspirasi dan perjuangan dalam menegakkan maslahat umum. Yang hadir dari semangat bahwa publik harus terus diingatkan, dibangunkan, dipapar atas fakta agar tidak jadi bulan-bulanan elit, kekuasaan dan kepentingan segelintir pihak.

Pemilihan umum hanya tinggal hitungan hari. Kami menyongsong pesta akbar demokrasi di bumi pertiwi dengan antusias sebagai bagian aktif yang tidak hanya sekadar memotret ajang ini sebagai selebrasi lima tahunan yang sarat pernak-pernik khas kemasan, seperti bungkus kado cantik dan menarik. Kami harus masuk lebih dalam dan membuka isi kado laksana Pandora membuka kotak hadiah para dewa. Mungkin pahit yang hadir, tapi biarlah asal ia hakiki. Itu semua kami lakukan bukan untuk alasan subjektif, ketertarikan pribadi atau baper personal. Awak detikcom sadar penuh bahwa kami bertanggung jawab membuka mata hati calon pemilih, yang pada gilirannya menguak mata batin dan menggerakkan tangan mereka dalam menentukan pilihan. Kami harus menjadi referensi utama dalam Pemilu mendatang. Karenanya izinkan kami mengapresiasi yang patut disajikan sebagai kabar baik, dan mengungkap bau tak sedap jika memang itu adanya. Bagi kami, semua adalah sahabat, tapi tuntutan kerja jurnalistik mengharuskan kami bicara apa adanya. Sekali lagi, hanya untuk seluas-luasnya kepentingan publiklah lembaga ini berdiri dan bersuara.

Era baru digital adalah 'game changer' bagi laku dan rutinitas media. Konsumen media tak lagi dapat dianggap sebagai bagian senyap tanpa daya. Masa user generated content hadir dan membuka peluang dimana viewers punya kuasa untuk menjadi produsen pesan. Karena itu, kami mengajak anda menjadikan detikcom rumah bersama. Mari berperan serta dalam memastikan tegaknya keadilan, tersampaikannya suara kebenaran dan eratnya persatuan. Ruang untuk berkontribusi kami siapkan untuk anda. Sampaikan jika anda memiliki cerita, gambar atau video yang penting untuk diketahui bersama. Paling tidak dalam komentar pasca berita pada tataran paling sederhana. Mari bersama menjadikan Indonesia yang lebih baik

Salam

Alfito Deannova Ginting
Pimpinan Redaksi detikcom
(imk/fjp)
Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca detik, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed