DetikNews
Jadilah bagian dari Kolomnis detikcom
Kirimkan tulisan Anda seputar opini, gagasan, sudut pandang, dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Dapatkan poin dan dapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Kolomnis detikcom.
Rabu 30 Januari 2019, 15:30 WIB

Mimbar Mahasiswa

#10YearsChallenge Sensus Penduduk 2020

Dyah Makutaning Dewi - detikNews
#10YearsChallenge Sensus Penduduk 2020 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -
Akhir-akhir ini sedang populer sebuah challenge yang menampilkan perbedaan antara tahun ini dengan 10 tahun yang lalu. Biasanya mereka menampilkan foto yang diambil tahun ini dan diambil 10 tahun yang lalu, sehingga terlihat jelas perbedaannya. Lalu, bagaimana dengan jumlah penduduk di Indonesia, apakah hasil Sensus Penduduk 2020 menunjukkan hasil yang jauh berbeda dengan hasil Sensus Penduduk 2010?

Perlu diketahui, Sensus Penduduk yang ketujuh sejak Indonesia merdeka akan dilaksanakan pada 2020. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh berbagai pihak, terutama Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam melaksanakan Sensus Penduduk 2020, BPS melaksanakan tiga prinsip dasar ABC yaitu harus "accurate" (akurat) sehingga dapat dijadikan "benchmark" (tolok ukur) karena memiliki cakupan yang "comprehensive" (menyeluruh).

Pelaksanaan Sensus Penduduk di Indonesia pertama kali diadakan pada masa kekuasaan Inggris saat pemerintahan Thomas Stamford Raffles. Tetapi, pelaksanaan sensus tersebut dilaksanakan hanya di Pulau Jawa saja. Sedangkan untuk pertama kalinya Sensus Penduduk yang mencakup wilayah Indonesia dilaksanakan pada 1930.

Sensus Penduduk di Indonesia dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, pelaksanaannya dilakukan pada tahun yang berakhiran nol. Tetapi, data Sensus Penduduk diperbarui setiap lima tahun sekali melalui Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS). Pelaksanaan Sensus Penduduk sejak Indonesia merdeka telah dilakukan pada tahun 1945, 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010.

Pelaksanaan Sensus Penduduk merupakan hal yang sangat penting. Sebab hasil Sensus Penduduk akan melahirkan data kependudukan yang lengkap, akurat, terkini, dan menyeluruh. Data hasil Sensus Penduduk nantinya akan menjadi database yang digunakan pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan dalam masalah kependudukan. Pada umumnya hasil Sensus Penduduk 2020 akan menampilkan kondisi demografi penduduk di Indonesia.

Data yang dikumpulkan BPS dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan dijamin kerahasiannya. BPS tidak akan mempublikasikan nama dan alamat responden. Tetapi, BPS akan mempublikasikan kondisi kependudukan di Indonesia secara agregat. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Pada Pasal 21 disebutkan bahwa setiap penyelenggara kegiatan statistik wajib menjaga kerahasiaan keterangan yang diperoleh dari responden. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir apabila ada petugas sensus yang akan memberikan pertanyaan guna mendukung pelaksanaan sensus tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BPS akan menerapkan inovasi-inovasi baru yang akan diterapkan di Sensus Penduduk 2020. BPS akan menerapkan teknologi geospasial yang digunakan sebagai kerangka induk dan mengumpulkan data. Selain itu, BPS dalam mengumpulkan data juga menggunakan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI).

Mengingat pentingnya hasil Sensus Penduduk 2020, diharapkan masyarakat dapat berkontribusi dalam mendukung pelaksanaan sensus tersebut. Diharapkan data yang diperoleh, dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan.

Pada tahun 2010 jumlah penduduk di Indonesia sebesar 237.641.326 jiwa. Lalu, berapa jumlah penduduk di Indonesia pada hasil Sensus Penduduk 2020 nanti? #10YearsChallenge

Dyah Makutaning Dewi mahasiswi Politeknik Statistika STIS Jakarta


(mmu/mmu)
Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca detik, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi. Ingin membuat tulisan kamu sendiri? Klik di sini sekarang!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed