DetikNews
2017/02/10 22:55:02 WIB

Kolom

Walau Banyak Masalah, Sambut Pilkada Serentak 2017 dengan Gembira!

Otjih Sewandarijatun - detikNews
Halaman 1 dari 2
Walau Banyak Masalah, Sambut Pilkada Serentak 2017 dengan Gembira! Foto: dokumentasi pribadi
Jakarta - Pilkada Serentak 2017 yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 diikuti pemilih sebanyak 41.200.187 orang yang terdiri dari 20.696.737 laki-laki dan 20.503.450 perempuan. Dari jumlah DPT, terdapat pemilih pemula sebanyak 1.233.303 orang dan pemilih disabilitas sebanyak 50.063 orang.

Di tengah persiapannya, muncul sejumlah permasalahan terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat (Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi dan Kota Bekasi), DIY (Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo), Kabupaten Buleleng (Bali), Kota Payakumbuh (Sumatera Barat), Kabupaten Muaro Jambi, Tebo, dan Kabupaten Sarolangun (Jambi), Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Landak (Kalimantan Barat), Kabupaten Raja Ampat (Papua Barat), Kabupaten Mamasa, (Sulawesi Barat), Kabupaten Bangka Selatan (Babel), Kota Sorong (Papua Barat), dan Kota Jayapura (Papua).

Masalah-masalah lainnya antara lain:

  • Aksi penghadangan kegiatan kampanye juga dialami beberapa paslon seperti yang terjadi di DKI Jakarta, Bangka Belitung, Aceh, Banten, DIY, Sumbar, dan Kalimantan Tengah;
  • Persoalan profesionalitas penyelenggara yang diindikasikan melanggar kode etik di sejumlah daerah;
  • Persoalan netralitas ASN/PNS juga terjadi di beberapa kabupaten, antara lain di Bengkulu, Aceh, dan Sulawesi Barat;
  • Permasalahan internal Parpol, di antaranya sejumlah kader Parpol membelot dengan mendukung Paslon lain dan dampak dari berlanjutnya dualisme kepemimpinan PPP versi Romi dan PPP versi Djan Farid, serta ekses dualisme kepengurusan PKPI.

Petahana vs 'Rival' Politik.

Majunya bakal calon kepala daerah petahana dan 'rival' politiknya, baik wakil kepala daerah periode sebelumnya maupun pesaing politik lama yang berakibat pada meningkatnya tensi ketegangan politik pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2017. Sejauh ini, terdapat sekitar 78 daerah penyelenggara Pilkada serentak 2017 yang kepala daerahnya (petahana) termonitor akan maju kembali, dengan total petahana sekitar 103 orang.

Dari 78 daerah tersebut, 18 daerah di antaranya berada di wilayah Provinsi Aceh, 8 daerah di Papua, dan 5 daerah masing-masing di Papua Barat dan Jawa Tengah. Sementara itu, berdasarkan pemetaan sementara, sekitar 24 daerah masuk kategori rawan, karena bakal calon petahana menghadapi 'rival' politiknya.
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed