DetikNews
Kamis 09 Feb 2017, 13:08 WIB

Surat Terbuka Hantam Hoax

Wali Kota Hendrar Prihadi: Agar Tak Panen Hoax, Mari Kontrol Ego

Hendrar Prihadi - detikNews
Wali Kota Hendrar Prihadi: Agar Tak Panen Hoax, Mari Kontrol Ego Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Hari ini orang terkadang lebih butuh pembenaran daripada kebenaran. Sadar atau tidak sadar, perilaku seperti itulah yang membuat kita secara tidak langsung 'memanen' berita hoax. Maka dari itu di era keterbukaan seperti ini, saat semua informasi dapat distribusikan dengan cepat. Kita tidak boleh menutup pikiran kita dengan menyebarkan berita yang belum tentu benar, walaupun sebenarnya kita menginginkannya.

Dalam pengamatan saya berita 'hoax' adalah merupakan manifestasi ego masing-masing orang. Itulah kenapa banyak sekali situs berita hoax yang ramai dikunjungi. Padahal kalau boleh saya katakan, seseorang yang tidak mampu mengontrol egonya adalah merupakan orang yang tidak dewasa.

Jadi marilah kita mendewasakan diri dengan menahan ego kita. Percayalah, bila kita mampu mengontrol ego serta membuka pikiran, membedakan berita yang benar dan yang hoax adalah sesuatu yang mudah.

Mari lawan hoax dengan saling mengingatkan satu sama lain untuk lebih dewasa!

Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang

Hantam Hoax merupakan program detikcom dalam memperingati Hari Pers Nasional yang didukung sejumlah tokoh dalam bentuk surat terbuka. Selengkapnya klik di sini: detik.com/hantamhoax
(alg/try)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed