DetikNews
Kamis 01 Januari 2009, 15:29 WIB

Umi Dachlan, Pelukis Abstrak dari Bandung Tutup Usia

- detikNews
Umi Dachlan, Pelukis Abstrak dari Bandung Tutup Usia
Bandung - Salah seorang tokoh seni lukis abstrak Indonesia, Umajah Dachlan, tutup usia. Dia menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 07.15 WIB, Kamis (1\/1\/2009). Diduga penyakit diabetes yang diidapnya satu bulan terakhirlah yang merenggut nyawa sang pelukis. Nama Umajah Dachlan sebagai pelukis abstrak disejajarkan dengan tokoh seperti Ahmad Sadali.

"Ibu meninggal di tempat tidur setelah sebelumnya minta dibelikan bubur ayam," ujar Warsini (24), pengasuh almarhum di temui rumah duka di Jalan Taman Sari No 22.

Umajah atau akrab disapa Umi adalah salah satu pelukis perempuan Jabar. Dia lulusan ITB angkatan 1968 dan Design Textile di Gerrit Rietveld Akademie, The Netherland.

Dia juga penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007. Ia juga menerima penghargaan dari Fakultas Seni Rupa ITB atas jasa-jasanya. Ia mengabdi sebagai PNS dari 1 Oktober 1970-1 September 2006.

Karya-karyanya yang terkenal adalah serial matador. Penyuka musik jazz ini melakukan pameran solo terakhirnya di Jakarta tahun 2000. "Ibu masih ingin pameran sendiri. Ia sedang mempersiapkan lukisan baru sebelum wafat," tambah Warsini.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka ke TPU Jabang Bayi, Cirebon, pukul 13.00 WIB. Sebelumnya dia dishalatkan dengan imam Sam Bimbo yang merupakan teman satu angkatan nya di ITB.

Dari buku tamu, tokoh perupa yang melayat diantaranya, Sunaryo pemilik Selasar Sunaryo Art Space dan A.D Pirous, perupa kenamaan Bandung. "Yah kita kehilangan satu lagi pelukis abstrak berbakat kota ini," ujar Sunaryo.

Umajah Dachlan meninggal dalam statusnya yang tidak menikah. Jenazah dihantar para keponakannya.


(rks/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed