Diundang Putin, Xi Jinping ke Rusia Pekan Depan

ADVERTISEMENT

Diundang Putin, Xi Jinping ke Rusia Pekan Depan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Mar 2023 16:16 WIB
Chinas President Xi Jinping and Russian President Vladimir Putin pose with Mongolias President during their trilateral meeting on the sidelines of the Shanghai Cooperation Organisation (SCO) leaders summit in Samarkand on September 15, 2022. (Photo by Alexandr Demyanchuk / SPUTNIK / AFP) (Photo by ALEXANDR DEMYANCHUK/SPUTNIK/AFP via Getty Images)
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Alexandr Demyanchuk/SPUTNIK/AFP/Getty Images)
Moskow -

Presiden China Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia pekan depan. Kunjungan Xi itu dilakukan di tengah rumor Beijing sedang mempertimbangkan dukungan militer untuk Moskow yang terus menginvasi Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (17/3/2023), China juga menawarkan diri untuk menjadi mediator perdamaian di Ukraina, sebuah upaya yang ditanggapi skeptis oleh negara-negara Barat mengingat dukungan diplomatik yang diberikan Beijing untuk Rusia.

Rencana kunjungan kenegaraan Presiden China ke Rusia itu diumumkan oleh Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia, yang menyebut Xi akan mengunjungi Moskow pada 20-22 Maret mendatang setelah diundang oleh Presiden Vladimir Putin. Xi akan bertemu dan berbicara dengan Putin dalam kunjungannya itu.

"Selama pembicaraan, mereka akan membahas isu-isu topik soal pengembangan lebih lanjut untuk hubungan kemitraan komprehensif dan kerja sama strategis antara Rusia dan China," sebut Kremlin dalam pernyataannya pada Jumat (17/3) waktu setempat.

"Sejumlah dokumen bilateral penting akan ditandatangani," imbuh pernyataan itu.

Rusia dan China mencapai kemitraan 'tanpa batas' pada Februari 2022 lalu, ketika Putin mengunjungi Beijing untuk menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin, yang digelar beberapa pekan sebelum Moskow menginvasi Ukraina.

Kedua negara sejak saat itu terus menegaskan kembali kekuatan dari ikatan yang terjalin. Perdagangan antara kedua negara melonjak sejak invasi dilancarkan, dan China menjadi pembeli minyak terbesar Rusia -- sumber pendapatan utama Moskow.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT