Jet Tempur Sukhoi Vietnam Jatuh Saat Latihan, Pilot Tewas

ADVERTISEMENT

Jet Tempur Sukhoi Vietnam Jatuh Saat Latihan, Pilot Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Feb 2023 15:03 WIB
jet tempur Sukhoi
Ilustrasi (dok. Reuters)
Hanoi -

Sebuah jet tempur milik Angkatan Udara Vietnam mengalami kecelakaan saat menjalankan misi latihan di bagian utara negara tersebut. Satu pilot yang ada di dalam jet tempur jenis Sukhoi Su-22 itu tewas.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (1/2/2023), laporan kantor berita Vietnam News Agency menyebut kecelakaan jet tempur itu terjadi pada Selasa (31/1) siang waktu setempat di Provinsi Yen Bai yang didominasi pegunungan. Saat kecelakaan terjadi, jet tempur itu sedang menjalani misi latihan.

Disebutkan juga bahwa seorang pilot, yang berusia 30 tahun, tewas saat berupaya mendaratkan jet tempur Su-22 buatan Rusia itu di bandara militer setempat.

"Pilot diperintahkan untuk menggunakan parasut keluar dari jet tempur itu, namun dia berusaha menyelamatkan pesawat... dan dia meninggal dunia," demikian laporan Vietnam News Agency.

Penyebab jatuhnya jet tempur itu belum diketahui secara jelas. Kementerian Pertahanan Vietnam telah meluncurkan penyelidikan secara menyeluruh terhadap insiden itu.

Meskipun sektor penerbangan sipil Vietnam memiliki catatan keselamatan yang kuat, insiden yang melibatkan pesawat militer cukup sering terjadi.

Salah satunya terjadi tahun 2018 lalu, ketika dua pilot tewas saat menjalankan misi latihan dengan menggunakan jet tempur Su-22 di wilayah Vietnam bagian tengah.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT