Serangan AS di Somalia Tewaskan Pentolan ISIS

ADVERTISEMENT

Serangan AS di Somalia Tewaskan Pentolan ISIS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 27 Jan 2023 13:01 WIB
Ilustrasi militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)
Ilustrasi ISIS (Foto: AFP)
Jakarta -

Serangan militer Amerika Serikat di Somalia yang diperintahkan oleh Presiden Joe Biden, menewaskan seorang pemimpin regional kelompok ISIS, Bilal al-Sudani.

Dilansir kantor berita AFP, Jumat (27/1/2023), pejabat-pejabat AS mengatakan, Sudani tewas dalam tembak-menembak setelah pasukan AS turun ke kompleks gua pegunungan di Somalia utara untuk menangkapnya.

Sekitar 10 anggota ISIS lainnya juga tewas di tempat kejadian, tetapi tidak ada korban dari pihak Amerika, kata para pejabat AS itu.

"Pada 25 Januari, atas perintah presiden, militer AS melakukan operasi penyerangan di Somalia utara yang mengakibatkan kematian sejumlah anggota ISIS, termasuk Bilal al-Sudani," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

"Al-Sudani bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan keberadaan ISIS di Afrika dan mendanai operasi kelompok itu di seluruh dunia, termasuk di Afghanistan," ujar Austin.

Dari basisnya di pegunungan di Somalia utara, dia menyediakan dan mengoordinasikan pendanaan untuk cabang-cabang ISIS, tidak hanya di Afrika tetapi juga ISIS-Khorasan, cabang ISIS yang beroperasi di Afghanistan, kata seorang pejabat AS tanpa menyebut nama.

Sepuluh tahun lalu, sebelum bergabung dengan ISIS, Sudani terlibat dalam perekrutan dan pelatihan petempur untuk gerakan ekstremis Al-Shabaab di Somalia.

"Sudani memiliki peran operasional dan keuangan utama dengan keterampilan khusus yang menjadikannya target penting untuk tindakan kontraterorisme AS," kata pejabat itu.

Simak juga 'Mayat Bergelimpangan Usai Bom Meledak di Kantor Pemerintahan Somalia':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT