Peluncuran Misi Uni Emirat Arab ke Bulan Ditunda Lagi

ADVERTISEMENT

Peluncuran Misi Uni Emirat Arab ke Bulan Ditunda Lagi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 16:57 WIB
Tire track on the desert at supermoon night.
ilustrasi (Foto: istock)
Jakarta -

Peluncuran kendaraan penjelajah Uni Emirat Arab (UEA) ke bulan - misi pertama dunia Arab ke Bulan - telah ditunda untuk kedua kalinya.

Dilansir media Al-Arabiya, Kamis (1/12/2022), roket SpaceX Falcon 9 yang membawa pendarat bulan HAKUTO-R Mission 1, dengan kendaraan penjelajah atau rover UEA di dalamnya, semula akan diluncurkan pada pukul 12.37 waktu UEA pada hari Kamis (1/12), setelah peluncuran yang dijadwalkan pada Rabu (30/11) juga ditunda.

Namun, peluncuran rover yang diberi nama Rashid itu, yang dijadwalkan akan dilakukan dari Florida, Amerika Serikat kembali dibatalkan pada Kamis pagi waktu setempat.

"Setelah inspeksi lebih lanjut dari kendaraan peluncuran dan tinjauan data, kami mundur dari peluncuran HAKUTO-R Mission 1 @ispace_inc besok; tanggal peluncuran target baru akan disampaikan setelah dikonfirmasi," tulis SpaceX di Twitter.

Para pejabat berharap tanggal peluncuran baru akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Diketahui bahwa UEA akan mengerahkan rover bernama Rashid yang dibangun oleh ilmuwan dari Mohammed Bin Rashid Space Center (MBRSC). Nama rover ini diambil dari mantan penguasa Dubai, Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum.

Untuk mendaratkan rover Rashid di Bulan, UEA menggandeng perusahaan antariksa asal Jepang ispace yang mengembangkan wahana pendarat bernama HAKUTO-R. ispace juga akan menyediakan teknologi komunikasi untuk UEA yang memungkinkan rover mengirimkan data dari permukaan Bulan. Misi ini akan diterbangkan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX dari Florida, AS.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT