Mantan Presiden China Jiang Zemin Meninggal pada Usia 96 Tahun

ADVERTISEMENT

Mantan Presiden China Jiang Zemin Meninggal pada Usia 96 Tahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 16:03 WIB
Former Chinese President Jiang Zemin uses a magnifier as he reads Chinese President Xi Jinpings report during the opening of the 19th National Congress of the Communist Party of China at the Great Hall of the People in Beijing, China October 18, 2017. REUTERS/Jason Lee     TPX IMAGES OF THE DAY
Jiang Zemin (Foto: REUTERS/Jason Lee)
Jakarta -

Mantan Presiden China Jiang Zemin, yang memimpin China melalui era transformasional dari akhir 1980-an dan memasuki milenium baru, tutup usia pada Rabu (30/11/2022). Dia meninggal pada usia 96 tahun.

"Jiang Zemin meninggal dunia karena leukemia dan kegagalan banyak organ di Shanghai pada pukul 12:13 pada 30 November 2022, pada usia 96 tahun, diumumkan pada hari Rabu," lapor kantor berita China, Xinhua.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (30/11/2022), Jiang mulai menjabat pada tahun 1989 setelah tragedi Lapangan Tiananmen. Dia memimpin negara terpadat di dunia itu menuju kemunculannya sebagai negara berpengaruh di panggung global.

Ketika Jiang menggantikan Deng Xiaoping sebagai presiden China pada tahun 1989, China masih dalam tahap awal modernisasi ekonomi.

Namun, pada saat dia pensiun sebagai presiden pada tahun 2003, China adalah anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Inggris telah menyerahkan Hong Kong, Beijing telah dipastikan menjadi tuan rumah Olimpiade 2008, dan negara tersebut sedang menuju status menjadi negara adidaya.

Para analis mengatakan Jiang dan faksinya "Shanghai Gang" terus memberikan pengaruh atas politik komunis, lama setelah dia meninggalkan jabatan puncak.

Jiang meninggalkan seorang istri, Wang Yeping dan dua putra.

Lihat juga Video: Aksi Polisi Ber-APD di China Bubarkan Pendemo Tolak Lockdown

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT