Atasi Masalah Energi di Ukraina, Jerman akan Kirim 350 Generator

ADVERTISEMENT

Atasi Masalah Energi di Ukraina, Jerman akan Kirim 350 Generator

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 02:12 WIB
German Chancellor Olaf Scholz leaves the podium after his speech at the German parliament Bundestag at the Reichstag building in Berlin, Germany, Wednesday, June 22, 2022. (AP Photo/Markus Schreiber)
Kanselir Jerman Olaf Scholz (AP Photo/Markus Schreiber)
Berlin -

Pemerintah Jerman menyampaikan akan mengirim lebih dari 350 generator listrik ke Ukraina. Jerman ingin membantu Ukraina yang alami kerusakan infrastruktur usai diserang Rusia.

Dilansir AFP Selasa (29/11/2022) juru bicara pemerintah Jerman, mengatakan Jerman akan menyediakan lebih dari 350 generator listrik. Kondisi itu untuk membantu Ukraina pascaserangan Rusia menghancurkan infrastruktur energi.

juru bicara pemerintah Steffen Hebestreit mengatakan, Kanselir Olaf Scholz berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan mengatakan Jerman akan mengirimkan generator. Selain itu, mereka akan memberikan bantuan keuangan untuk memperbaiki infrastruktur energi senilai 56 juta euro ($57 juta).

Listrik di Kyiv Padam Usai Serangan Rusia

Sebelumnya, jaringan listrik di wilayah Kyiv masih dalam proses pemulihan setelah dua hari diserang Rusia hingga menghantam jaringan listrik. Setengah wilayah Kyiv kini masih padam tanpa listrik.

Dilansir AFP, Jumat (25/11), serangan Rusia yang sistematis dan ditargetkan selama beberapa pekan terakhir telah membuat infrastruktur energi Ukraina bertekuk lutut saat musim dingin mendekat, memicu kekhawatiran akan krisis kesehatan dan eksodus lebih lanjut.

Pekerja utilitas masih bekerja pada hari Jumat untuk menyambungkan kembali pemanas dan air ketika suhu di Kyiv mendekati titik beku, ketika Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly berkunjung untuk mengumumkan paket bantuan baru.

"Kita harus bertahan pada musim dingin ini - musim dingin yang akan diingat semua orang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di media sosial.

"Kita harus melakukan segalanya agar kita mengingatnya -- bukan karena apa yang mengancam kita -- tetapi karena apa yang berhasil kita lakukan untuk melindungi diri dari ancaman ini."

Lihat juga video 'Inggris: Putin Sedang Coba 'Bekukan' Ukraina Agar Tunduk!':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT