Menhan Prancis Puji Kedekatan Strategis dengan Indonesia

ADVERTISEMENT

Menhan Prancis Puji Kedekatan Strategis dengan Indonesia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 11:51 WIB
Menhan Prabowo menerima kunjungan Menhan Prancis S├ębastien Lecornu di kantor Kementerian Pertahanan.
Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Prancis (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prancis memuji hubungan erat Prancis dengan Indonesia menyusul kesepakatan jet tempur senilai US$ 8 miliar yang ditandatangani awal tahun ini. Hal itu disampaikannya usai pertemuannya dengan Menhan RI Prabowo Subianto di Jakarta.

"Ada kedekatan strategis yang kuat yang lahir dengan Indonesia dan Prancis," kata Menteri Angkatan Bersenjata Prancis S├ębastien Lecornu kepada kantor berita AFP, Sabtu (26/11/2022).

Indonesia memesan 42 jet tempur Rafale Prancis dalam kesepakatan senilai US$ 8,1 miliar yang disepakati pada bulan Februari lalu.

Kedua negara juga sedang dalam pembicaraan mengenai pembelian dua kapal selam tempur Prancis, Scorpene.

Lecornu bertemu Menhan Prabowo Subianto pada Jumat (25/11) saat Indonesia bersiap untuk mengambil alih kursi kepresidenan bergilir dari blok regional Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Prancis ingin lebih memperkuat hubungan di Asia Tenggara "agar berada dalam posisi melawan eskalasi, mempersenjatai kembali dan berada dalam situasi untuk memiliki diplomasi yang kredibel," kata Lecornu.

Dia menambahkan bahwa Prancis juga perlu tetap terlibat "secara politik" di kawasan tersebut, menekankan bahwa Paris ingin memainkan peran multilateral di kawasan tersebut.

Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Kemhan itu, kedua Menhan sepakat memperkuat hubungan kerja sama dalam bidang pertahanan.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT