Sembuh dari Stroke, PM Mali Siap Kerja Lagi

ADVERTISEMENT

Sembuh dari Stroke, PM Mali Siap Kerja Lagi

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 01:39 WIB
Nigerian Policeman of the United Nations Stabilisation Mission in Mali (MINUSMA) patrols on Timbuktus main square on December 8, 2021. - Frances anti-jihadist military force in the Sahel region, which involves over 5,000 troops will end in the first quarter of 2022. (Photo by FLORENT VERGNES / AFP)
Foto: AFP/FLORENT VERGNES
Jakarta -

Perdana Menteri Mali Choguel Kokalla Maiga mengatakan kepada pemimpin junta Assimi Goita bahwa dia layak untuk kembali menjabat setelah tiga bulan cuti kesehatan. Untuk diketahui, Goita cuti kesehatan karena terkena stroke.

Dilansir AFP, Sabtu (26/11/2022), belum jelas bagaimana tanggapan pemimpin junta itu atas permintaan Goiya, dan apakah Goita akan kembali menduduki posisinya.

Maiga, 64, menderita stroke pada Agustus dan dirawat di rumah sakit.

Beberapa hari kemudian, Goita menunjuk Kolonel Abdoulaye Maiga, seorang menteri dan juru bicara pemerintah, untuk mengambil alih sebagai perdana menteri sementara.

perd

Goita menerima Choguel Kokalla Maiga pada Jumat pagi, kata kantor kepresidenan.

"Saya baik-baik saja ... saya datang untuk menyambutnya, berterima kasih padanya dan mengatakan kepadanya bahwa saya bertahan hari ini dan bahwa saya sehat untuk melanjutkan layanan," kata Maiga dalam sebuah video yang diposting oleh kepresidenan di halaman Facebook-nya.

"Dalam beberapa hari, dia akan memberi lampu hijau bagi kami untuk melanjutkan pekerjaan."

Sebagian besar keputusan di Mali diambil oleh sekelompok kecil orang yang didominasi oleh militer, dan di luar pusat pemerintahan.

Choguel Kokalla Maiga diangkat sebagai kepala pemerintahan pada Juni 2021 setelah kudeta kedua dalam setahun, yang memperkuat cengkeraman militer pada kekuasaan.

Dia telah menjadi tokoh kunci dalam perpecahan publik Mali dengan mantan sekutu Prancis dan mitranya, serta reorientasi militer dan politik negaranya terhadap Rusia.

Pada bulan September, penggantinya Abdoulaye Maiga mengomel terhadap Prancis, Sekretaris Jenderal PBB dan misi penjaga perdamaian PBB di Mali di Majelis Umum PBB.

Simak juga 'ISIS Luncurkan Serangan Terbaru di Mali':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT