Setengah Wilayah Kyiv Masih Padam Usai Diserang Rusia

ADVERTISEMENT

Setengah Wilayah Kyiv Masih Padam Usai Diserang Rusia

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 00:02 WIB
Light is seen inside an apartment in a residential building during a power cut amid Russias attack on Ukraine, in Kyiv, Ukraine November 20, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Ukraina Gelap Gulita Dibombardir Rusia (Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko)
Jakarta -

Jaringan listrik di wilayah Kyiv masih dalam proses pemulihan setelah dua hari diserang Rusia hingga menghantam jaringan listrik. Setengah wilayah Kyiv kini masih padam tanpa listrik.

Dilansir AFP, Jumat (25/11/2022), serangan Rusia yang sistematis dan ditargetkan selama beberapa pekan terakhir telah membuat infrastruktur energi Ukraina bertekuk lutut saat musim dingin mendekat, memicu kekhawatiran akan krisis kesehatan dan eksodus lebih lanjut.

Pekerja utilitas masih bekerja pada hari Jumat untuk menyambungkan kembali pemanas dan air ketika suhu di Kyiv mendekati titik beku, ketika Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly berkunjung untuk mengumumkan paket bantuan baru.

"Kita harus bertahan pada musim dingin ini - musim dingin yang akan diingat semua orang," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di media sosial.

"Kita harus melakukan segalanya agar kita mengingatnya -- bukan karena apa yang mengancam kita -- tetapi karena apa yang berhasil kita lakukan untuk melindungi diri dari ancaman ini."

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal mengatakan pada pertemuan pemerintah bahwa penyedia listrik sekarang menyediakan 70 persen perlindungan.

"Hampir semua infrastruktur penting Ukraina telah terhubung kembali," katanya.

Tapi, dia menambahkan: "Rata-rata, dari 200.000 hingga 400.000 konsumen terputus listrik di setiap wilayah pada jam-jam tertentu."

Mobil-mobil antri hingga luar pom bensin di Kyiv pada hari Jumat untuk persediaan, kata wartawan AFP. Jaringan seluler di beberapa wilayah masih mengalami gangguan.

Simak Video 'Musim Dingin Dijadikan Senjata Pemusnah Massal, Ukraina Evakuasi Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT